nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BI: Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia Terjaga

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 19 Mei 2020 17:38 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 05 19 20 2216622 bi-stabilitas-sistem-keuangan-indonesia-terjaga-5gTLZSrHTv.JPG Gubernur BI Perry Warjiyo (Foto: Dok BI)

JAKARTA - Bank Indonesia memastikan bahwa sistem keuangan tetap terjaga. Meskipun potensi risiko masih ada akibat makin meluasnya penyebaran virus corona (covid-19).

Hal tersebut tercermin dari rasio kecukupan modal (Capital Adequacy Ratio/CAR) perbankan Maret 2020 yang tinggi yakni 21,63%. Sementara rasio kredit bermasalah (Non Performing Loan/NPL) yang tetap rendah yakni 2,77% (bruto) dan 1,02% (neto).

 Baca juga: Percepat Pemulihan Ekonomi Nasional, Ini 4 Jurus BI

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan, fungsi intermediasi tetap menjadi perhatian dari Bank Indonesia. Hal ini sejalan dampak melemahnya permintaan domestik dan makin berhati-hatinya perbankan dalam menyalurkan kredit akibat meluasnya COVID-19.

"Sementara itu, fungsi intermediasi tetap menjadi perhatian sejalan dampak melemahnya permintaan domestik dan makin berhati-hatinya perbankan dalam menyalurkan kredit akibat meluasnya covid-19," ujarnya dalam teleconfrence, Selasa (19/5/2020).

 Baca juga: Dana Pemulihan Ekonomi Nasional Tembus Rp641,1 Triliun, Ini Rinciannya

Selain itu, ada sedikit pelemahan pada pertumbuhan kredit meskipun mengalami sedikit peningkatan. Asal tahu saja pertumbuhan kredit meningkat sebesar dari 5,93% (yoy) pada Februari 2020 menjadi 7,95% (yoy) di Maret 2020.

Sejalan dengan itu, pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) juga belum kuat. Meskipun menurutnya, angka tersebut mengalami kenaikan dari 7,77% (yoy) pada bulan sebelumnya menjadi 9,54% (yoy).

"Ke depan, Bank Indonesia tetap menempuh kebijakan makroprudensial yang akomodatif sejalan dengan bauran kebijakan yang telah diambil sebelumnya, termasuk berbagai upaya untuk memitigasi risiko di sektor keuangan akibat penyebaran covid-19," jelasnya.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini