Kepastian Pembukaan Kegiatan Usaha di Jakarta Akan Ditentukan 4 Juni 2020

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 26 Mei 2020 12:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 26 320 2219693 kepastian-pembukaan-kegiatan-usaha-di-jakarta-akan-ditentukan-4-juni-2020-JEwXNk1m2P.jpg Jakarta (Okezone)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut dua pekan ini akan menjadi krusial bagi ibu kota Indonesia tersebut. Sebab, dalam dua pekan ini akan diputuskan apakan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akan diperpanjang atau tidak.

Hal ini pun akan menentukan bagaimana kegiatan usaha di wilayah PSBB akan berjalan lagi atau tidak. Apalagi, virus Corona atau Covid-19 masih belum ditemukan vaksinnya.

Baca juga: Jika Tak Ada New Normal Akan Terjadi PHK Besar-besaran pada Agustus

Menurut Anies PSBB di DKI Jakarta sendiri akan berakhir pada 4 Juni mendatang. Keputusan perpanjangan PSBB ini tergantung pada angka penyebaran virus Corona yang terjadi di ibu kota negara tersebut.

"Nah khusus untuk Jakarta dua pekan ini adalah dua pekan penentuan. Karena PSBB Jakarta berakhir tanggal 4 apakah nanti ini PSBB penghabisan atau PSBB harus diperpanjangan sangat tergantung pada angka angka yang ada," ujarnya saat mendampingi Presiden Jokowi di Stasiun MRT Jakarta, Selasa (26/5/2020).

 Baca juga: Pengusaha Optimistis New Normal Akan Berdampak ke Perekonomian

Menurut Anies, penentuan perpanjangan PSBB bukan ada di tangan pemerintah. Melainkan ada di tangan masyarakat, jika tertib dan kurva penyebaran menyusut maka tidak akan diperpanjang.

"Yang menentukan PSBB diperpanjang atau tidak itu bukan pemerintah bukan para ahli," kata Anies.

Oleh karena itu lanjut Anies, dirinya meminta kepada masyarakat untuk tertib menjalankan protokol kesehatan dari pemerintah. Misalnya dengan menjaga jarak, menggunakan masker saat berpergian serta rajin untuk mencuci tangan.

 Baca juga: Masuki Era New Normal, Gubernur Jakarta: Masyarakat Harus Disiplin

"Kami berkepentingan untuk semua masyarakat mentaati secara disiplin sehingga pada saat siklus 14 hari terakhir perpanjangan PSBB itu tidak perlu diperpanjang," jelasnya.

Sambil masyarakat menjalankan himbauan tersebut secara disiplin, pemerintah akan menjalankan fungsinya untuk terus memantau perkembangan. Tak hanya itu, pemerintah juga mengundang para ahli untuk memantau sekaligus memberikan masukan.

"Jadi para ahli saat ini mengumpulkan semu datanya memantau terus insyallah akhir pekan ini punya informasinya. Pada saat itu kita sampaikan kepada masyarakat bekerja bersama kita seperti apa," kata Anies.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini