Share

APPBI Ungkap Alasan Mal Harus Dibuka 5 Juni 2020

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 27 Mei 2020 09:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 27 320 2220160 appbi-ungkap-alasan-mal-harus-dibuka-5-juni-2020-aDKylxIKQf.jpg Mal Kembali Dibuka (Foto: Okezone)

JAKARTA - Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) mengungkapkan alasan kenapa mal atau pusat perbelanjaan harus dibuka kembali pada 5 Juni 2020. Pembukaan mal menjadi salah satu skenario new normal yang tengah dipersiapkan pemerintah.

Baca Juga: Anies soal Mal Jakarta Dibuka 5 Juni: Itu Imajinasi

Ketua APPBI Dewan Pengurus Daerah (DPD) DKI Jakarta Ellen Hidayat mengatakan, dengan dibukanya mal pada 5 Juni 2020 akan menggerakan roda perekonomian di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

"Dengan dibukanya mal kembali maka akan dapat membantu menggerakkan roda perekonomian nasional dan meningkatkan ketahanan bangsa Indonesia," kata Ellen di Jakarta, Rabu (27/5/2020).

Menurut Ellen, hampir 2 bulan kegiatan bisnis retailer di pusat belanja DKI mati suri. Dampak yang berat dengan penutupan mal karena Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menyebabkan semua pengelola pusat belanja dan retailer/tenant mengalami kesulitan finansial, terutama kesulitan cashflow.

Baca Juga: Mal Dibuka di New Normal, Pengunjung Dibatasi hingga Efek ke Ekonomi RI

Di mana dampak ini juga secara langsung menimpa para karyawan yang tidak bekerja dan sudah tidak mempunyai tabungan lagi untuk bertahan menghidupi keluarganya .

"Selain atas dorongan para retailer/tenant khususnya UKM yang minta agar mal segera dibuka," katanya.

Selain itu, alasannya lainnya yakni dengan terbitnya Surat keputusan dari Menkes dan dengan rencana berakhirnya PSBB DKI ketiga yang direncanakan pada tanggal 4 Juni 2020, serta adanya imbauan dari pemerintah untuk berani dan mulai menghadapi Covid-19 di era new normal.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini