Di Tengah Pandemi, Pertamina Tetap Lakukan Pengeboran 78 Sumur

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 27 Mei 2020 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 27 320 2220533 di-tengah-pandemi-pertamina-tetap-lakukan-pengeboran-78-sumur-HyA2eOW7R1.jpg Sumur minyak (Foto: Freepik)

JAKARTA - Di tengah pandemi Covid-19, Pertamina terus berusaha menjaga produksi minyak dan gasnya. Perusahaan tersebut tetap melakukan berbagai pengeboran sumur.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, sepanjang triwulan 1-2020, meskipun dalam kondisi yang mengharuskan dilakukannya optimalisasi biaya dan efisiensi, Pertamina tetap menjadi pemimpin secara nasional dalam jumlah kegiatan pengeboran.

"Terbukti kami berhasil melakukan pengeboran eksploitasi sebanyak 78 sumur dan pekerjaan workover (pekerjaan untuk mempertahankan atau memperbaiki/menambah produksi) sebanyak 161 sumur," ujar Fajriyah dalam keterangan persnya, Rabu (27/5/2020).

 penyediaan BBM

Sebagai contoh, terang dia, Pertamina Hulu Energi Nunukan Company (PHENC) berhasil melakukan tajak dua sumur lepas pantai di Struktur Parang. Pengeboran kedua sumur di Blok Nunukan ini diperkirakan memiliki potensi cadangan yang cukup besar dan menjadi semangat tersendiri di tengah pandemi.

 Baca juga: Pertamina Catat Konsumsi BBM Lebaran Turun, Ini Rinciannya

Prestasi serupa juga dicatatkan PHM yang telah melakukan pengeboran 31 sumur tajak di South Peciko dan Tunu Deep East dan menargetkan untuk mengebor 117 sumur tajak dan 2 sumur eksplorasi. Banyaknya jumlah sumur yang dibor itu merupakan upaya untuk memaksimalkan cadangan hidrokarbon yang tersedia karena cadangan dan produksi dari sumur-sumur yang ada sudah makin marjinal.

 Baca juga: Kualitas BBM di Indonesia Rendah, Harganya Kok Tidak Turun?

Selain itu, lanjut Fajriyah, upaya pengeboran tersebut diharapkan dapat menekan laju penurunan produksi serendah mungkin, hingga di bawah 10%.

(DRM)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini