Lumbung Pangan Baru Bakal Dibangun di Kalimantan

Giri Hartomo, Jurnalis · Sabtu 30 Mei 2020 11:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 30 320 2221947 lumbung-pangan-baru-bakal-dibangun-di-kalimantan-wltOnJtjb4.jpg Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah berencana membangun pusat lumbung pangan (Food Estate) di Wilayah Kuala Kapuas, Kalimantan Tengah. Artinya ada perubahan yang mana sebelumnya, proyek ini akan dibangun di Kabupaten Merauke, Papua.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, nantinya proyek ini akan dibangun di atas lahan gambut. Ada sekitar 1 juta lahan gambut yang akan digunakan untuk proyek ini.

Baca juga: Harga Bawang Merah dan Gula Jadi Sorotan Presiden Jokowi

"Kesiapan pembukaan food estate di Kalimantan Tengah (Kalteng). Ada proyek lahan gambut satu juta hektare," ujarnya dalam telekonferensi, dikutip Sabtu (29/5/2020).

Menurut Basuki, saat ini pemerintah sudah memiliki 164.000 hektare lahan sawah. Lahan ini sebenarnya sudah ditanami secara tahunan seluas 85.000 hektare.

"Sisanya, 75.000 mungkin sudah menyemak. Jadi bukan cetak sawah lagi," jelasnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Monitor Harga dan Stok Pangan Setiap Hari

Menurut Basuki, pengembangan proyek ini akan melibatkan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Bahkan dirinya sudah berkoordinasi dengan perusahaan plat merah secara intensif sehingga pemerintah hanya tinggal menyiapkan sarana dan pra sarananya.

Misalnya pemerintah hanya memperbaiki saluran irigasi baik sekunder maupun primernya. Sehingga teknologi olah pangannya bisa menghasilkan produksi yang lebih baik.

"Karena ini pra sarananya bukan hanya dari Sungai Barito dan Kapuas, juga dapat dilalui dengan jalan darat jadi lebih murah. Pemerintah hanya perbaiki saluran irigasi baik sekunder dan primer," jelasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini