Menko Airlangga: 89 Usulan Penuhi Kriteria Jadi Proyek Strategis Nasional Baru

Giri Hartomo, Jurnalis · Sabtu 30 Mei 2020 12:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 30 320 2221973 menko-airlangga-89-usulan-penuhi-kriteria-jadi-proyek-strategis-nasional-baru-Ye3mgNVXgD.jpeg Infrastruktur (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menjelaskan bahwa dari 245 proyek strategis nasional (PSN) baru yang memenuhi kriteria sebanyak 89 PSN.

“Dengan demikian 156 proyek belum direkomendasikan, karena itu masih membutuhkan dukungan dari kementerian teknis, dan perlu kelengkapan administrasi, dan perlu untuk untuk memenuhi kriteria yang ditetapkan sebagai proyek strategis nasional (PSN),” ujar Menko Perekonomian dilansir dari laman Setkab, Sabtu (30/5/2020).

Baca juga: 89 Proyek Baru Senilai Rp1.422 Triliun Direkomendasikan Jadi PSN

Lebih lanjut, Menko Perekonomian menjelaskan bahwa Presiden mengharapkan adanya PSN memberikan dampak terhadap masyarakat, terhadap pertumbuhan ekonomi, juga terkait dengan pengembangan sosial ekonomi.

“Kemudian 89 proyek itu akan menjadi PSN baru. Jadi yang 2020-2024 yang proyeknya terkait dengan jalan dan jembatan, bandar udara, kawasan industri termasuk kawasan industri di Brebes, bendungan dan irigasi, tanggul laut, program lahan untuk sawah,” imbuh Menko Perekonomian.

Baca juga: Dari 223 Proyek Strategis Nasional, Baru 27 yang Beroperasi

Menurut Menko Perekonomian, mengenai 3 proyek drone yang terkait dengan pengembangan drone itu sebagai pengganti proyek yang dikeluarkan yaitu antara lain R80 dan N245, sehingga dialihkan menjadi teknologi drone karena dianggap lebih cocok dengan situasi saat sekarang dan pengembangannya sudah dimulai oleh PT DI.

“Dan juga pengembangan katalis Merah Putih yang terkait dengan proyek untuk pengembangan biofuel berbasis bahan bakar nabati dan minyak sawit, dan juga ada pengembangan terkait dengan garam. Jadi itu proyek-proyek yang dilanjutkan di dalam proyek 89,” ungkap Menko Perekonomian.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini