Hari Lahir Pancasila, Sri Mulyani: Sudah Berapa Dalam Kita Memahami?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 01 Juni 2020 07:58 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 01 20 2222620 hari-lahir-pancasila-sri-mulyani-sudah-berapa-dalam-kita-memahami-HcvVc7Lfrr.png Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Instagram)

JAKARTA - Setiap tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila. Menteri Keuangan Sri Mulyani pun mengucapkan Hari Lahir Pancasila.

Dalam akun instagram resminya @smindrawati, Sri Mulyani menanyakan soal berapa dalam masyarakat Indonesia memahami arti Pancasila.

"Sudah seberapa dalam kita telah memahami dan mengamalkan nilai inti PANCASILA? Sudah seberapa nyata PANCASILA di dalam tindakan kita?" tulis Sri Mulyani seperti dikutip Okezone, Jakarta, Senin (1/6/2020).

Baca Juga: Peristiwa 1 Juni: Lahirnya Pancasila

Sri Mulyani juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia dalam memperingati Hari Lahir Pancasila agar merawat NKRI menjadi negara maju.

"Mari kita laksanakan dan lestarikan untuk merawat NKRI menuju INDONESIA MAJU!"kata Sri Mulyani

Seperti diketahui, tanggal 1 Juni menjadi peristiwa penting bagi bangsa Indonesia. Sebab, pada tanggal tersebut Presiden Soekarno berpidato di sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) atau 'Dokuritsu Junbi Cosakai' pada 1 Juni 1945.

Baca Juga: Jokowi Jadi Inspektur Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

Bapak Proklamasi inilah yang memperkenalkan konsep atau rumusan awal dasar negara Indonesia merdeka bernama Pancasila dalam pidato tersebut.

Lima sila tersebut menjadi panutan setiap orang dalam bersikap dan bernegara. Arah perjalanan kehidupan masyarakat bahkan bisa mengacu ke lima sila hasil pemikiran para pendiri bangsa tersebut.

Sri Mulyani

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini