BLT Diperbesar Buat Industri Makanan dan Minuman Dapat 'Rezeki'

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 03 Juni 2020 17:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 03 320 2224023 blt-diperbesar-buat-industri-makanan-dan-minuman-dapat-rezeki-peqLE6axcZ.jpg Industri makanan (okezone)

JAKARTA - Pemerintah diminta agar bantuan tunai diperbesar untuk masyarakat terdampak pandemi virus Corona atau Covid-19. Hal ini untuk meningkatkan daya beli masyarakat.

Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi), Adhi S Lukman mengatakan, bantuan langsung tunai harus diperbesar. Hal ini akan berdampak langsung kepada ritel.

 Baca juga: Industri Mamin Anjlok, Pengusaha Jaga Mata Rantai Pasokan di Market Place

"Beberapa negara memberikan bantuan secara tunai. Sehingga masyarakat bisa membelanjakan kebutuhannya," ujar dia pada acara IDX Channel, Rabu (3/6/2020).

Menurut dia, kelompok menengah atas punya uang, tetapi mereka terbatas mengakses kesenangan dan kesukaannya. Tapi, kelompok menengah ke bawah tidak punya daya beli yang kuat.

 Baca juga: 1,3 Miliar Ton Makanan Terbuang Setiap Tahunnya di Indonesia

"Apabila diberikan dana tunai, mungkin bisa meningkatkan daya beli," ungkap dia.

Sebelumnya, Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi) memprediksi pertumbuhan sektor industri makanan dan minuman (mamin) akan turun menjadi di kisaran 4%-4,5% akibat pandemi virus corona atau Covid-19.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini