Selain PNS, Pegawai Swasta Juga Wajib Daftar Tapera

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 04 Juni 2020 08:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 04 470 2224256 selain-pns-pegawai-swasta-juga-wajib-daftar-tapera-9L3KjH83TB.jpeg Foto Rumah: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA - Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) memberi waktu kepada perusahaan swasta untuk mendaftarkan pegawainya di program Tapera. Untuk tahap awal, Tapera akan difokuskan pada PNS eks peserta Taperum-PNS.

Baca Juga: Ada Tapera, Buruh Bisa Punya Rumah?

“Pemerintah memberikan kesempatan bagi Pemberi Kerja sektor swasta untuk mendaftarkan Pekerjanya paling lambat tujuh tahun setelah ditetapkannya PP Penyelenggaraan Tapera,” kata Komisioner BP Tapera Adi Setianto dalam keterangan tertulis, Kamis (4/6/2020).

Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 2020, Tapera akan memotong gaji pekerja hingga 3%. Besaran simpanan peserta ditetapkan sebesar 3% dari gaji atau upah untuk peserta pekerja dan penghasilan untuk peserta pekerja mandiri.

Baca Juga: Presiden Jokowi Teken PP Tapera, Gaji Pekerja Dipotong 3%

Adapun besaran simpanan peserta sebagaimana dimaksud untuk peserta pekerja ditanggung bersama oleh pemberi kerja sebesar 0,5%. Sedangkan pekerja sebesar 2,5%. Sedangkan, besaran simpanan peserta untuk pekerja mandiri ditanggung sendiri. Di mana totalnya 3% dari gaji atau upah.

“Pengelolaan Tapera diharapkan dapat dilakukan dengan tata kelola yang lebih transparan dengan manfaat bagi Peserta yang lebih luas,” tambah Adi.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini