Peserta Tapera Bisa Ajukan KPR dengan Bunga Murah

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 04 Juni 2020 09:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 04 470 2224265 peserta-tapera-bisa-ajukan-kpr-dengan-bunga-murah-OgZ4bSdBL8.jpeg Foto Rumah: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA – Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) menjelaskan, peserta Tapera bisa mengajukan permohonan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan bunga yang murah. Namun, hanya peserta dengan kriteria tertentu yang bisa mengajukan.

Baca Juga: Tahap Awal Tapera Bakal Difokuskan untuk PNS eks Peserta Taperum

“Peserta berhak mengajukan manfaat pembiayaan perumahan dengan bunga murah untuk membeli rumah menggunakan skema KPR berdasarkan kriteria yang tercantum dalam PP Penyelenggaraan Tapera,” kata Komisioner BP Tapera Adi Setianto dalam keterangan tertulis, Kamis (4/6/2020).

Adapun kriteria yang dimaksud adalah, peserta merupakan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yaitu berpenghasilan maksimal Rp8 juta. Peserta juga belum memiliki rumah.

Baca Juga: Selain PNS, Pegawai Swasta Juga Wajib Daftar Tapera

Di sisi lain, pembiayaan juga bisa digunakan Peserta untuk membangun rumah di lahan milik sendiri atau melakukan renovasi. Manfaat pembiayaan ini dapat diajukan oleh Peserta yang memenuhi kriteria setelah satu tahun masa kepesertaan melalui berbagai pilihan bank dan lembaga pembiayaan lainnya.

“Tapera memberikan fleksibilitas pembiayaan dengan prinsip plafon kredit yang ditetapkan sesuai standar minimum rumah layak huni,” ungkapnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini