Siapkan New Normal, Menteri Budi Siapkan Kebijakan Transportasi yang Higienis dan Humanis

Taufik Fajar, Jurnalis · Sabtu 06 Juni 2020 19:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 06 320 2225623 siapkan-new-normal-menteri-budi-siapkan-kebijakan-transportasi-yang-higienis-dan-humanis-7JqT1BjSmd.jpg Menhub Budi Karya (Foto: Okezone)

JAKARTA – Menghadapi masa adaptasi kebiasaan baru (new normal), Kementerian Perhubungan tengah menyiapkan sistem transportasi yang berkonsep higienis dan humanis. Hal ini untuk menghadapi kebiasaan baru atau new normal.

"New normal, yang diutamakan adalah aspek kesehatan namun juga tetap memperhatikan aspek ekonomi. Untuk itu kita harus membangun transportasi yang lebih higienis, humanis, dan tentunya less contact, yang memberikan solusi dan manfaat bagi rakyat banyak,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Jakarta, Sabtu (6/6/2020).

 Baca juga: Alasan Penghentian Layanan Bus AKAP Diperpanjang

Menhub Budi menjelaskan, transportasi publik yang dahulu menjadi moda dan sarana berkumpul dan berkegiatan, saat ini harus berubah dengan mengutamakan aspek kesehatan. Hal ini dalam rangka mencegah penularan Covid-19.

Untuk itu, para pengguna dan penyelenggara/operator transportasi perlu beradaptasi dengan kebiasaan baru dalam bentuk prosedur atau protokol baru yang berbasis pada kesehatan dan kebersihan (higienis) serta physical distancing/jaga jarak.

 Baca juga: Penghentian Layanan Bus AKAP dan AKDP Diperpanjang hingga 7 Juni 2020

“Misalnya memakai masker dalam bertransportasi dan menjaga jarak nantinya akan menjadi hal yang biasa. Ini akan menjadi budaya baru dalam bertransportasi. Namun untuk menjadi budaya baru pastinya memerlukan pemikiran yang mendasar dan sangat mendalam dari kita semua,” tutur Menhub Budi.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini