Kisah Sukses Ankush Singla, Bangun Startup Coding Ninjas karena Mahalnya Pendidikan

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 10 Juni 2020 16:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 10 320 2227704 kisah-sukses-ankush-singla-bangun-startup-coding-ninjas-karena-mahalnya-pendidikan-BPhYKYaqNo.jpg Ankush Singla (Foto: Entrepreneur)

JAKARTA - Banyak cara memulai usaha. Mulai dari tren yang meningkat hingga peluang yang belum tergarap sama sekali. Selain itu, memulai usaha juga berlandaskan kondisi sosial ekonomi di lingkungannya.

Hal ini yang dialami Ankush Singla. Ankush Singla merupakan pendiri Coding Ninjas berasal dari India, sebuah startup yang fokus pada pengajaran pemrograman coding untuk mahasiswa.

Baca Juga: Kunci Sukses Bob Moore yang Tetap Kerja Walau Berusia 91 Tahun 

Ankush mendirikan Coding Ninjas dikarenakan melihat fenomena sulitnya mahasiswa belajar karena keterbatasan biaya. Sebab, pinjaman untuk biaya pendidikan tinggi yang dicairkan oleh bank terus turun.

Bank pun enggan memberikan pinjaman atau kredit kepada mahasiswa yang memiliki masalah kredit macet. Alasan lain juga bahwa biaya pendidikan semakin mahal dan banyak siswa merasa sulit untuk membayar karena gaji yang diterima lebih rendah setelah menyelesaikan kursus.

Atas dasar ini, Ankush membangun Coding Ninjas untuk memastikan para mahasiswa atau pelajar bisa langsung bekerja setelah belajar coding dan kemudian baru membayar kursus.

Baca Juga: Tidak Dikenal, tapi Orang-Orang Ini Menjadi Pelopor Berdirinya Perusahaan Besar 

Melihat kelangkaan programmer mahir bahkan setelah memperoleh gelar coding dari berbagai institusi, Singla memahami perlunya platform pembelajaran pemrograman khusus.

“Saya bingung setelah melihat institut coding offline ini yang membuat siswa belajar kode dan berlatih di notebook. Kita harus mengerti pengkodean hanya bisa dipraktikkan di komputer, ” kata Singla seperti dilansir Entrepreneur, Jakarta, Rabu (10/6/2020).

Alasan lain yang mendorong Singla untuk mendiirkan Coding Ninjas adalah kesulitan yang dihadapi oleh mahasiswa India saat belajar melalui kursus online di negara barat. Menurutnya, hambatan bahasa dan aksen Amerika yang tidak dapat dipahami menjadi kendala bagi mahasiswa India.

“Tidak ada yang memecahkan keraguan mereka, tidak ada yang memegang tangan mereka dan mengajarkan dasar-dasarnya. Kesulitan siswa membuat kami menyadari pentingnya kursus pemrograman online India, ”tambah Singla.

Coding Ninjas diluncurkan pada tahun 2016. Memahami efektivitas pembelajaran online dan mengajar lebih banyak siswa tanpa keterbatasan infrastruktur fisik, ia mulai online pada tahun berikutnya. Sejak itu, Coding Ninjas telah meningkatkan partisipasi siswa secara stabil.

Coding Ninja menyediakan serangkaian kelas pemrograman untuk dipilih oleh mahasiswa. Menurut Singla, alasan startup-nya mampu memberikan begitu banyak peluang dalam pengkodean adalah karena ia hanya berfokus pada bidang ini.

“Dari awal, kami tahu apa yang kami kuasai sehingga kami menempatkan jiwa dan jiwa kami di bidang ini untuk meningkatkan pengalaman belajar pengguna,” kata Singla.

Baru-baru ini Coding Ninjas juga bermitra dengan Talent500 oleh ANSR, mitra akuisisi bakat eksklusif untuk perusahaan-perusahaan Fortune 500 di India, untuk menciptakan peluang kerja bagi para calon insinyur dan profesional teknologi. Kemitraan strategis bermaksud untuk menawarkan peluang penempatan kepada siswa dan profesional teknologi dengan perusahaan teknologi terkemuka. (dni)

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini