Kunci Sukses Bob Moore yang Tetap Kerja Walau Berusia 91 Tahun

Vania Halim, Jurnalis · Jum'at 21 Februari 2020 13:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 21 320 2172019 kunci-sukses-bob-moore-yang-tetap-kerja-walau-berusia-91-tahun-Uq67L6DVs7.jpg Founder and President of Bob's Red Mill, Bob Moore. (Foto: Okezone.com/Dok. CNN)

JAKARTA - Usia bukan halangan bagi Bob Moore untuk terus bekerja. Dengan usianya 91 tahun, pendiri pabrik makanan gandum Bob's Red Mill ini masih produktif pada usia senjanya.

Bob mengaku melakukan apa yang disukai untuk hidup dan membagikan sebagian keuntungannya kepada karyawannya.

Baca Juga: Resign Demi Bisa Makan Malam di Rumah, Pria Ini Sukses Bangun Bisnisnya

"Saya suka bisnis tidak peduli seberapa kerja saya harus bekerja. Dan lebih suka melakukan bisnis daripada apapun," ujar Bob, dilansir dari CNN, Jumat (21/2/2020).

Dedikasinya untuk menumbuhkan Bob's Red Mill selama empat dekade telah membuahkan hasil. Bob membuat lebih dari 400 produk yang dijual di seluruh dunia.

Baca Juga: Kisah Steve Jobs hingga Richard Branson, Rintis Usaha di Usia Muda

Pada 2018, penjualan tahunannya mencapai Rp686 juta (USD50 juta dengan kurs Rp13.734/USD). Perusahaan ini memiliki hampir 600 karyawan, tiga kali lipat dari jumlah pada satu dekade yang lalu.

Saat meluncurkan perusahannya yaitu Bob's Red Mill, dirinya sudah memiliki pengalaman dalam pekerjaan dan akhirnya bekerja untuk diri sendiri. Saat berjalan tiga tahun, Bob berencana membagi keuntungan kepada karyawannya.

"Alkitab berkata 'Lakukan kepada orang lain seperti yang kamu inginkan mereka lakukan kepadamu,' ujar Bob.

Bob berpikir dia adalah karyawan dan ingin memberikan sebagian keuntugan kepada karyawannya. Awalnya, pembayaran tidak teratur karena keuntungan tidak selalu tinggi. Tetapi selama 29 tahun, karyawannya telah menerima cek bagi bagi hasil bulanan di atas gaji reguler.

Tahun 2010, Bob dan mitra bisnisnya sudah berumur tua dan beberapa dari mereka mempertimbangkan untuk pensiun dari bisnis. Tetapi tidak berpikir untuk pensiun, dan memutuskan untuk memberikan kepemilikan saham kepada karyawannya.

Para karyawan memiliki hampir dua per tiga dari Bob's Red Mill. Dalam beberapa bulan mendatang sedang dikerjakan untuk meningkatkan menjadi 100%.

Selain untuk meghargai kerja keras timya, hal ini yang membuat perusahaan sukses. Dan memungkinkan karyawan melihat manfaat langsung dari upaya mereka untuk berpikir seperti bos.

"Semakin keras mereka bekerja, semakin banyak yang didapatkan," papar Bob.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini