nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kisah Steve Jobs hingga Richard Branson, Rintis Usaha di Usia Muda

Hairunnisa, Jurnalis · Jum'at 31 Januari 2020 18:21 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 31 320 2161430 kisah-steve-jobs-hingga-richard-branson-rintis-usaha-di-usia-muda-uNpQP7O0hs.png Emily Weiss. (Foto: Okezone.com/Business Insider)

JAKARTA - Steve Jobs adalah salah satu inovator yang mampu merealisasikan ide cemerlangnnya untuk bisa digunakan pada kehidupan saat ini. Pada usia yang masih muda saat itu, Steve Jobs mampu melihat ada peluang bisnis, sehingga dirinya menciptakan sebuah produk.

Kisah ini menjadi contoh, jangan pernah meremehkan para inovator muda. Pasalnya, mereka akan menjadi pengusaha yang nantinya akan sangat besar.

Berikut adalah 5 pengusaha yang sangat sukses yang merintis kariernya saat berusia 20-an, dikutip dari Business Insider, Jumat (31/1/2020).

1. Steve Jobs dan Steve Wozniak

Mereka menciptakan Apple dari garasi orang tua Jobs. Ketika itu, Jobs berusia 21 dan Wozniak 26 tahun.

Baca Juga: Dulu Miskin, Miliarder Ini Sukses Bisnis Restoran Bermodal Pinjaman Rp20 Juta

Keduanya mendirikan Apple pada 1976. Tahun berikutnya, Apple Computer Inc secara resmi lahir, dan Michael Scott diangkat menjabat sebagai presiden dan CEO. Valuasi Apple sekarang diperkirakan bernilai USD1 triliun.

2. David Karp

Dirinya mendirikan Tumblr satt baru berusia 21 tahun. Tumblr merupakan situs mikro-blogging dan jejaring sosial, didirikan oleh David Karp pada 2007, ketika usianya baru 21 tahun.

Karp, yang bekerja di kamarnya apartemen ibunya, mengakui bahwa dia menggunakan suara yang dalam untuk panggilan telepon dan berbohong. tentang usianya saat bekerja dengan orang dewasa lainnya.

Baca Juga: Naturalisasi, Zhang Yong Jadi Orang Terkaya Singapura dengan Harta Rp195,9 Triliun

Kebohongan Karp terbukti berhasil, karena dia, usahanya bernilai lebih dari USD200 juta atau setara dengan Rp2,7 triliun (dalam kurs Rp13.652), dan dia baru berusia 33 tahun.

3. Emily Weiss

Pada usia 25, Emily Weiss meluncurkan "Into the Gloss," sebuah blog yang didedikasikan untuk kecantikan wanita. Dia akan bekerja di blog antara jam 4 pagi dan 8 pagi sebelum pergi bekerja di Vogue.

Pada usia 29, Weiss keluar dari pekerjaannya, mengumpulkan dana USD2 juta atau setara dengan Rp27,3 miliar, lalu menyewa tim kecil dan lahirlah Glossier. Itu menciptakan produk minimalis yang ditujukan untuk segala usia dan warna kulit untuk harga yang relatif murah.

Perusahaan ini sekarang bernilai lebih dari USD1,2 miliar atau sekitar Rp16,3 triliun, saat Weiss baru berusia 34 tahun.

4. Richard Branson

Saat berusia 23 tahun, dirinya menamai label rekamannya Virgin Records. Pada usia 20, Branson telah mendapatkan cukup uang dari toko kaset pertamanya untuk memulai Virgin Records pada tahun 1972.

Dinamai "perawan" karena ia begitu baru dalam bisnis, label diluncurkan ketika ia berusia 23 dan menjadi internasional ketika ia berusia 30.

Menurut Forbes, dia diperkirakan bernilai USD4 miliar atau sekitar Rp54,6 triliun. Dia sekarang berusia 69 tahun.

5. Stephanie Korey dan Jennifer Rubio

Mereka menciptakan Away di akhir usia 20-an setelah bertemu di Warby Parker. Stephanie Korey dan Jennifer Rubio bertemu saat bekerja di Warby Parker. Kemudian memutuskan untuk memulai perjalanan dan gaya hidup mewah.

Mulai dari koper sederhana, Away menjadi sangat populer hingga diperluas ke penyelenggara, tas, dan aksesori. Forbes memperkirakan co-founder Korey dan Rubio masing-masing bernilai sekitar USD130 juta atau setara dengan Rp1,77 triliun. Korey adalah 31 dan Rubio adalah 32.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini