Tidak Dikenal, tapi Orang-Orang Ini Menjadi Pelopor Berdirinya Perusahaan Besar

Hansel Jevera, Jurnalis · Selasa 03 Maret 2020 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 03 320 2177423 tidak-dikenal-tapi-orang-orang-ini-menjadi-pelopor-berdirinya-perusahaan-besar-TZ65dxjiDW.png Pendiri Uber Dara Khosrowshahi dan Cofounder Garret Camp. (Foto: Okezone.com/Business Insider)

JAKARTA - Kita cenderung tahu perusahaan teknologi besar seperti Microsoft, Apple hingga Tesla didirikan oleh nama-nama besar seperti Bill Gates, Elon Musk hingga Steve Jobs. Nama besar itu pun sudah menjadi identik perusahan tersebut.

Namun, kita cenderung lupa bahwa ternyata Bill Gates dan pendiri perusahaan lainnya tidak sendirian membuat usahanya. Meski kurang dikenal, orang-orang ini telah menciptakan ide-ide bernilai jutaaan dolar.

Berikut adalah beberapa pendiri perusahaan yang kurang dikenal sewaktu menciptakan perusahaan besar, dilansir dari Business Insider, Selasa (3/3/2020):

1. Steve Wozniak, merancang dan membangun komputer Apple pertama, Apple 1

Wozniak bekerja di Hewlett-Packard pada saat itu, di mana ia mencoba berbagi desain komputernya. Namun ia ditolak berkali-kali, sampai pada akhirnya Wozniak selesai mendapatkan gelar sarjana dari UC Berkeley (dengan nama samarannya "Rocky Clark") dan mendirikan perusahaan yang membangun remote control universal pertama yang dapat diprogram.

Baca Juga: Kunci Sukses Bob Moore yang Tetap Kerja Walau Berusia 91 Tahun

2. Ronald Wayne, pendiri ketiga Apple

Wayne, yang saat itu berusia 42 tahun, hanya bertahan selama 12 hari sebelum memutuskan bahwa ia tidak dapat mengimbangi laju perusahaan. Wayne menjual sahamnya hanya seharga USD800.

Hari ini, Wayne telah menulis dua buku, memegang puluhan paten, dan menjual emas, koin langka, dan perangko dari rumahnya di Nevada. Dia telah melelang arsip Apple-nya.

Baca Juga: Resign Demi Bisa Makan Malam di Rumah, Pria Ini Sukses Bangun Bisnisnya

3. Garrett Camp, pendiri Uber.

Camp mulai menjadi kaya ketika ia menjual alat rekomendasi web StumbleUpon ke eBay pada 2007. Dia juga seorang investor, pencipta studio startup Expa, yang membantu para pendiri baru membangun produk perusahaan mereka sendiri, dan meluncurkan organisasi nirlaba bernama Camp Foundation.

4. Ev Williams, Noah Glass, dan Biz Stone, pendiri Twitter

Williams berasama timnya memberikan ide baru ketika iTunes mengumumkan platform podcasting untuk iPod pada 2005, dan memberikan sebuah ide dari perancang web Odeo bernama Jack Dorsey yang menarik perhatian, sehingga Dorsey bekerja sama dengan pengembang kontrak bernama Florian Webber untuk memasang Twitter.

5. Jim McKelvey yang mendirikan Square bersama Jack Dorsey.

Ketika Square didirikan pada 2009, dengan Jack Dorsey, keduanya bertanggungjawab atas aplikasi pembayaran seluler yang popular ini. "Kami memulai Square karena Jim McKelvey, pendiri kami dan bos kedua saya, tidak menerima kartu kredit untuk karya seninya," kata Dorsey tentang McKelvey sebelum perusahaan dipublikasikan. Sekarang, McKelvey duduk sebagai dewan direksi di Square.

6. Pendiri Tesla, Martin Eberhard, Marc Tarpenning, Ian Wright, dan JB Straubel.

Tesla sebenarnya adalah gagasan di tahun 2003 dari Martin Eberhard dan Marc Tarpenning. Kedua insinyur itu mengembangkan gagasannya sebanyak mungkin tanpa bantuan siapapun. Namun pada akhirnya mereka membutuhkan investor besar untuk memimpin pendanaan. Ian Wright merupakan orang ketiga yang bergabung, disusul oleh JB Straubel.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini