Mendadak Jadi Youtuber, Begini Cara Mendapatkan Play Button

Rani Hardjanti, Jurnalis · Rabu 17 Juni 2020 09:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 17 320 2231392 mendadak-jadi-youtuber-begini-cara-mendapatkan-play-button-aM8sLctP60.jpg Youtube (Foto: Okezone)

JAKARTA - Fenomena pandemi secara mendadak membuat banyak kalangan melakukan aktivitas digital, di antaranya menjadi Youtuber atau kreator konten dalam platform video milik Google.

Para Youtuber pendatang baru ini memiliki beragam konten, seperti masak memasak, aktivitas anak-anak di rumah, hingga rekaman seorang pejuang kesehatan melawan covid-19. Konten video mereka ada yang diterima tetapi ada yang mendapatkan respons biasa saja dari warganet.

Baca Juga: Intip Keuntungan 10 Youtuber, per Menitnya Bisa Ribuan Dolas AS 

Bagi video mereka yang bagus, maka subsciber di akun YouTube pun akan meningkat. YouTube pun memberikan apresiasi bagi mereka dengan memberikan sebuah plakat atau Creator Awards, yang populer disebut Play Button.

Berikut ini tiga jenis Play Button YouTube, seperti dikutip dari laman YouTube, Rabu (17/6/2020).

1. Silver Creator Award

Play Button jenis ini akan diberikan bagi para Youtuber dengan jumlah subscriber mencapai 100 ribu.

2. Gold Creator Award

Play Button jenis ini akan diberikan bagi para Youtuber dengan jumlah subscriber mencapai 1 juta.

Baca Juga: Cara Hasilkan Uang dari Youtube dengan Low Budget 

3. Diamond Creator Award

Play Button jenis ini akan diberikan bagi para Youtuber dengan jumlah subscriber mencapai 10 juta.

Di kalangan Youtuber, mendapatkan Play Button merupakan sebuat kebanggan karena mendapat penghargaan langsung dari YouTube.

Namun, untuk mendapatkan Play Button tidaklah mudah. Harus ada kriteria tersendiri yang harus diakui.

Kriteria mendapatkan Play Button

 

Play Button akan diberikan YouTube hanya bagi kreator yang mematuhi aturan. Channel harus ditinjau sebelum penghargaan diberikan. Artinya, kreator yang memenuhi syarat untuk menerima penghargaan adalah kreator yang dapat memelihara reputasi baik akunnya tanpa pernah menerima teguran hak cipta, melanggar pedoman komunitas, atau menambah jumlah subscriber secara artifisial, di samping sejumlah kriteria lainnya.

Jika kelayakan channel disetujui, YouTuber akan mendapatkan notifikasi dari Creator Studio dalam waktu satu minggu setelah melewati milestone Creator Awards.

Notifikasi tersebut akan menyertakan kode penukaran unik yang harus Anda masukkan di portal penukaran kami. Setelah itu, Anda perlu mengisi nama channel dan informasi pengiriman.

Setelah Anda mengirimkan semua informasi, YouTube akan mulai membuat Creator Awards. Tetapi semuanya tergantung dari tempat tinggal Youtuber.

YouTube memerlukan 2-3 minggu untuk membuat dan mengirimkan penghargaan Play Button.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini