Share

Para Angel Penyuntik Dana Startup, No 4 Orang Terkaya Dunia

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis 18 Juni 2020 14:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 18 320 2232225 para-angel-penyuntik-dana-startup-no-4-orang-terkaya-dunia-dC7eCH8Umi.jpg Startup (Foto: Okezone)

JAKARTA - Mendapatkan angel atau penyandang dana merupakan salah satu impian para pemilik startup. Namun untuk bisa dilirik angel tidaklah mudah.

Para angel biasanya melesatkan panah investasinya pada startup yang potensial tumbuh pesat dan menghasilkan. Untuk diketahui, angel bisa dari luar negeri maupun dalam negeri.

 Baca juga: Startup Bisa Lakukan Hal Ini agar Bertahan dari Covid-19

Berikut ini profil para angel yang aktif guyur dana ke startup meski sedang terjadi pandemi corona, seperti dirangkum Okezone, Kamis (18/6/2020).

1. Sequoia

Angel ini membantu para perintis membangun perusahaan legendaris, dari ide hingga IPO dan seterusnya. Sequoia India beroperasi di Asia Tenggara dan India.

Sequoia secara aktif bermitra dengan pendiri dari berbagai perusahaan, dari berbagai macam kategori, termasuk BYJU, Carousell, GoJek, OYO Rooms, Tokopedia, Zomato dan banyak lagi.

Dalam bermitra dengan Sequoia, perusahaan rintisan mendapat manfaat dari 47 tahun pengetahuan dan pelajaran yang didapat dari bekerja seperti perusahaan seperti Airbnb, Alibaba, Apple, Dropbox, Google, JD.com, LinkedIn, Meituan dan Stripe sejak awal.

 Baca juga: Canggih! Startup Ini Bangun Metode Deteksi Dini Covid-19

Mayoritas keuntungan Sequoia lebih dari USD16 miliar sejak tahun 2000 disalurkan untuk kebutuhan sosial seperti Ford Foundation, Mayo Clinic, dan MIT.

2. AppWorks

Ventura asal Taiwan ini mampu menginjeksi dana dari USD200 ribu hingga USD10 juta. Sebagai salah satu VC tahap awal yang paling aktif di Asia Tenggara, AppWorks berinvestasi dalam 10-15 transaksi setahun.

3. Endeavour Catalyst

Ventura capital berpusat di New York ini berdiri pada 2012. Endeavour Catalyst mengklaim telah melakukan lebih dari 130 investasi di 25 kantor lokal.

Startup yang digandengnya bergerak, antara lain di bidang teknologi finansial, makanan dan minuman, agrikultur, seperti Ruma, Snapcart, Souqalmal, Mumzworld, HappyFresh

4. Horizons Ventures

Angel yang satu ini adalah perusahaan modal ventura swasta milik Li Ka-shing yang tidak lain adalah orang terkaya Hong Kong selama 21 berturut-turut.

Dia merupakan investor terkemuka di beberapa perusahaan teknologi yang memiliki terobosan termasuk Spotify, Zoom, Impossible Foods, Perfect Day dan Celcius.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini