Penjualan Turun, Cek Dulu Kenapa Pelanggan Tak Mau Beli?

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 18 Juni 2020 19:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 18 320 2232521 penjualan-turun-cek-dulu-kenapa-pelanggan-tak-mau-beli-c36sfAM1VD.jpg Cara Tingkatkan Penjualan di Tengah Pandemi. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Pandemi virus corona membuat semua sektor usaha terkena dampaknya. Begitu juga pada penurunan penjualan.

Bagi kalian yang sedang berjualan dan kondisinya sedang menurun, ada beberapa hal yang perlu dicermati. Mungkin ada kesulitan dalam memasarkan produk hingga target penjualan sering meleset.

Baca Juga: Pohon Kurma Berhasil Tumbuh di Bengkulu, Sekali Panen Tembus Rp300 Juta

Mengutip Instagram @kemenkopukm, Kamis (18/6/2020), ada 7 hal yang Usaha Kecil dan Menengah (UKM) perlu pahami dalam meningkatkan penjualan. Pertama, pahami nilai keunggulan (value proposition) yang unik dari produk atau layanan kita.

Mengapa pelanggan perlu membeli produk kita? Fitur apa yang ditawarkan dari produk Anda? Apa manfaat atau fungsi dari produk Anda?

Baca Juga: Penyiar Radio Banting Setir Jualan Es Durian, Begini Kisahnya

Kedua adalah target segmen pasar yang spesifik. Bagaimana karakteristik demografisnya? (usia, tingkat pendapatan, gender dan lain-lain). Kemudian bagaimana karakteristik geografisnya (perkotaan, dekat pusat perkantoran, pedesaaan)? Segmen berdasarkan psikografis dan segmentasi berdasarkan tingkah laku.

Ketiga mengenal ragam sumber pendapatan usaha sebagai model bisnis. Misalnya, penjualan barang atau jasa, fee atas jasa tambahan yang diberikan. Fee berlangganan (subsciption fee) dan banyak ragam lainnya.

Keempat soal ragam jalur distribusi untuk memperluas pasar. Cari jalur distribusi langsung dan tidak langsung, kedua jalur distribusi online dan offline. Kelima, kelola hubungan pelanggan dengan baik.

Misalnya memberikan reward (penghargaan atau hadiah) kepada pelanggan, meminta pendapat pelanggan dengan survei berkala, membuatkan grup atau komunitas pelanggan dan banyak cara lainnya. Keenam, memahami manajemen pemasaran melalui 4P. Produk atau layanan, harga (Price), lokasi distribusi (Place), dan promosi.

Ketujuh adalah memanfaatkan digital markering secara optimal. Menentukan media digital marketing yang sesuai, mengelola komunikasi yang efektif dengan konsumen, mengelola proses transaksi digital. Kemudian membuat konten promosi digital sesuai tujuan, mengenal berbagai saluran promosi dan mengelola feedback konsumen untuk berinovasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini