Sandiaga Uno Dicurhati, 47% UMKM Berhenti Total

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 19 Juni 2020 14:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 19 320 2232921 sandiaga-uno-dicurhati-47-umkm-berhenti-total-h8doG3j5bo.jpg Founder Oke Oce Sandiaga Uno. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Founder Oke Oce Sandiaga Uno yang juga pelaku usaha mengungkapkan besarnya dampak pandemi virus corona. Bahkan dari data yang dimilikinya, sudah 47% Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) tutup akibat Covid-19.

Padahal pada krisis 1998, UMKM menjadi pahlawan ekonomi. Namun pada krisis 2020, UMKM merupakan sektor yang terpuruk di awal.

Baca Juga: Kabar Baik, UMKM Bakal Diguyur Rp123,4 Triliun

“Survei gerakan Oke Oce, banyak curhatan penjualan menurun, modal sulit, kredit macet, bahkan 47% UMKM berhenti total. Ini dampaknya sangat berat. Perlu direvitalisasi,” ujar Sandi, dikutip dari keterangan tertulis Kemenkop UKM, Jumat (19/6/2020).

Untuk itu perlu prioritas dari pemerintah untuk memberikan pertolongan. Pihaknya juga berharap, UMKM bisa beradaptasi di era New Normal.

Baca Juga: Angin Segar, Belanja Kementerian Rp700 Triliun Diprioritaskan untuk UMKM

Pemerintah pun siap membantu UMKM dengan menyiapkan beberapa strategi, di antaranya mendorong 98% pelaku usaha mikro dan ultra mikro untuk masuk ke dalam kelompok miskin baru.

“Kami usulkan agar mereka masuk ke dalam kelompok miskin baru agar mendapatkan bantuan sosial. Program bansos diperluas,” kata Teten.

Lalu penundaan cicilan dan bunganya hingga 6 bulan, karena sebagian besar UMKM mengalami masalah keuangan. Teten menjelaskan, pihaknya akan menyediakan pembiayaan dengan pajak yang disubsidi sehingga cashflow teratasi.

“Sebagian besar UMKM yang mengalami masalah keuangan cashflow, tidak sanggup membayar cicilan dan bunganya. Kita sediakan pembiayaan, agar mereka masuk dalam program restrukturisasi penundaan cicilan 6 bulan. Pajak disubsidi, diharapkan cashflow diatasi,” ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini