Masih Banyak UMKM Belum Rasakan Stimulus Rp123,4 Triliun

Taufik Fajar, Jurnalis · Sabtu 20 Juni 2020 10:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 20 320 2233400 masih-banyak-umkm-belum-rasakan-stimulus-rp123-4-triliun-tWTEOGZrv0.jpg UMKM Masih Banyak yang Belum Dapat Stimulus dari Pemerintah. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah siapkan anggaran sebesar Rp123,46 triliun khusus untuk UMKM yang terdampak pandemi virus corona atau Covid-19. Di mana Covid-19 memberikan dampak ekonomi Indonesia hampir di semua sektor. Salah satunya di sektor UMKM.

Founder Oke Oce Sandiaga Uno memberikan apresiasi kepada pemerintah terkait hal itu. Tapi realisasi di lapangan dinilai masih banyak yang belum merasakan stimulus tersebut.

Maka itu, alangkah baiknya stimulus tersebut bisa direalisasikan dan dapat dirasakan oleh semua pelaku UMKM dengan cara menambah anggaran jika masih kurang.

Baca Juga: Sandiaga Uno Dicurhati, 47% UMKM Berhenti Total

"Jadi, stimulus bagi UMKM yang terdampak Covid-19 sudah lumayan, namun realisasinya ini banyak teman-teman UMKM yang belum merasakan termasuk 400.000 peserta UMKM yang tergabung dalam network OK OCE," ujar dia pada telekonfrensi, Jumat (19/6/2020).

Kemudian, selain pelaku UMKM, sektor lain yang juga harus diberikan perhatian adalah korporasi dan sektor perbankan. Seperti sektor manufaktur yang berbasis ekspor karena banyak menciptakan lapangan kerja seperti UMKM.

Baca Juga: Kabar Baik, UMKM Bakal Diguyur Rp123,4 Triliun

"Sektor baru yang menjadi pemenang harus kita berikan satu jalan yang paling utama, paling pertama untuk dibuka, direlaksasi. Misalnya sektor pangan, telekomunikasi, digital, yang paling menjanjikan ini bisa jadi sektor lokomotif ekonomi kita," ungkap dia.

Namun, demikian, pihaknya mengapresiasi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang dinilai transparan dalam menjelaskan keadaan yang sebenarnya terkait Covid-19.

"Pasalnya Menko Airlangga menyampaikan bahwa permasalahan ekonomi Indonesia tidak akan pulih tahun ini, melainkan sampai 2022," tandas dia.

Sebelumnya, Sandiaga Uno yang juga pelaku usaha mengungkapkan besarnya dampak pandemi virus corona. Bahkan dari data yang dimilikinya, sudah 47% Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) tutup akibat Covid-19.

Padahal pada krisis 1998, UMKM menjadi pahlawan ekonomi. Namun pada krisis 2020, UMKM merupakan sektor yang terpuruk di awal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini