Menko Airlangga Rapatkan Barisan Bahas Pembukaan Sawah Baru di Kalteng

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 23 Juni 2020 18:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 23 320 2235137 menko-airlangga-rapatkan-barisan-bahas-pembukaan-sawah-baru-di-kalteng-TM93gOYVRu.jpg Petani (Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menggelar rapat koordinasi (rakor) membahas optimalisasi lahan rawa di Kalimantan Tengah (Kalteng). Hal ini untuk mengantisipasi krisis pangan yang bisa saja terjadi di Indonesia.

Rapat tersebut, dihadiri secara langsung oleh Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar, dan Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin.

 Baca juga: Jurus Mentan Hadapi Krisis Pangan Global Imbas Covid-19

Menurut Mentan Syahrul saat ini terdapat 30.000 hektare (Ha) lahan rawa yang sudah siap untuk dioptimalisasi menjadi sawah. Di mana pemerintah sudah selesai memetakan lahan tersebut maka dalam waktu dekat proses optimalisasi akan dimulai.

"Jadi secepat mungkin, begitu pemetaan sudah selesai kita langsung intervensi saja. Ini mau dirapatkan (dibahas),” ujar dia, Selasa (23/6/2020).

 Baca juga: Ancaman Sektor Agribisnis dari Covid-19 hingga Krisis Pangan

Seperti diketahui, pemerintah akan memanfaatkan 164.598 Ha lahan rawa di Kalteng sebagai sawah untuk meningkatkan produktivitas pangan. Langkah ini disusun demi meningkatkan ketahanan pangan Indonesia ketika Organisasi Pangan Dunia atau Food Agriculture Organization (FAO) merilis peringatanan krisis pangan dunia. (rzy)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini