Share

Menko Luhut: Selamatkan Ekonomi dengan Beli Produk Dalam Negeri

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 24 Juni 2020 10:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 24 320 2235409 menko-luhut-selamatkan-ekonomi-dengan-beli-produk-dalam-negeri-42DtzAXin2.jpg Menko Luhut (Foto: Okezone)

JAKARTA - Akibat pandemi Covid-19 di Indonesia, telah terjadi pelambatan pertumbuhan ekonomi dengan proyeksi sekitar 2-3%. Hal tersebut tentu berdampak terhadap penyerapan tenaga kerja dan daya beli masyarakat.

Baca Juga: Tren Belanja Online Naik 30%, Pelaku Usaha Banyak Jual Masker hingga Face Shield

Oleh karena itu dalam rangka memitigasi hal tersebut, dilakukan upaya untuk melakukan percepatan belanja pemerintah dan mendorong percepatan transformasi UMKM ke ekosistem digital.

“Adapun survei perubahan di dunia pasca Covid-19 ini yaitu membuat rasa kebangsaan itu meningkat sekali. Jadi kalau tadinya kita bicara tentang globalisasi, orang mungkin sekarang sudah bicara deglobalisasi. Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia guna menggugah seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk menjaga kelangsungan ekonomi nasional dengan membeli produk dalam negeri,” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Rabu (24/6/2020).

Baca Juga: Ada Corona, Teten Masduki Ingin Dapur UMKM Tetap Ngebul 

Berdasarkan survei yang telah dilakukan oleh Suvery Fortune 500 CEOs menunjukkan bahwa sebagian besar organisasi berpendapat bahwa pandemi Covid-19 akan mempercepat transformasi teknologi suatu organisasi.

Dalam hal tersebut khususnya pemerintah daerah diharapkan untuk berperan aktif dalam mendorong belanja daerah dan meningkatkan jumlah unit UMKM untuk masuk ke dalam ekosistem digital.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini