Sri Mulyani Tunjuk 6 Perusahaan Luar Negeri Tagih Pajak Netflix Cs

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 25 Juni 2020 20:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 25 20 2236483 sri-mulyani-tunjuk-6-perusahaan-luar-negeri-tagih-pajak-netflix-cs-nUTOFI5jCT.jpg Pajak (Shutterstock)

JAKARTA - Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu), masih melakukan komunikasi terkait pelaku usaha luar negeri yang akan ditunjuk sebagai pemungut Pajak Pertambahan Nilai (PPN) mulai Juli 2020 mendatang.

Hal itu disampaikan oleh Dirjen Pajak Kemenkeu Suryo Utomo pada telekonfrensi hari ini. Dia berharap pada Agustus 2020, pelaku usaha tersebut dapat menyetorkan PPN dari para konsumen.

 Baca juga: Netflix hingga Spotify Boleh Bayar Pajak Pakai Dolar AS

Tercatat aturan mengenai produk atau jasa digital dikenakan pajak tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 48 Tahun 2020, yang merupakan aturan turunan dari Perppu Nomor 1 Tahun 2020.

"Saat ini sudah ada enam pelaku usaha luar negeri yang siap menjadi pemungut PPN ke konsumen per hari ini. Semoga ke depannya jumlahnya akan terus bertambah hingga bulan depan," ujar dia, Kamis (25/6/2020).

 Baca juga: 389.546 Wajib Pajak Minta Insentif, Terbanyak Sektor Perdagangan

Dia menjelaskan, pelaku usaha luar negeri yang diajak komunikasi itu tidak menolak untuk ditunjuk sebagai pemungut PPN.

"Kami susah diskusikan kesiapan dan infrastruktur mereka untuk melalukan perubahan. Pasalnya invoice itu kan nanti ada perubahan untuk pemungutan PPN mereka," ungkap doa.

 Baca juga: Perpajakan 2021 Ditargetkan Tumbuh 10,5% Padahal Tahun Ini Minus, Caranya?

Namun, dirinya masih enggan merinci keenam pelaku usaha luar negeri tersebut. Pihaknya hanya memastikan akan memberitahukan ke publik jika sudah dilakukan penunjukkan.

"Nanti kalau sudah ada penunjukkan dan part of transparancy, akan disampaikan ke publik siapa yang sudah ditunjuk. Apabila saat ini belum ditunjuk karena menunggu kesiapannya," tandas dia. 

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini