Netflix hingga Spotify Boleh Bayar Pajak Pakai Dolar AS

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 25 Juni 2020 19:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 25 20 2236450 netflix-hingga-spotify-boleh-bayar-pajak-pakai-dolar-as-YIaKU6qdmA.jpg Dolar (Okezone)

JAKARTA - Pemerintah akan mengenakan pajak 10% kepada Netflix hingga Spotify pada 1 Juli 2020. Hal itu dituangkan dalam Pajak Pertambahan Nilai (PPN) atas pembelian produk dan jasa digital.

Direktur Peraturan Perpajakan I Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Arif Yanuar menyebut pihaknya juga mengatur mata uang yang digunakan untuk penyetoran.

 Baca juga: Netflix Cs Dipajaki, Biaya Berlangganan Bakal Naik

"Jadi, kami atur juga dengan mata uang tidak hanya Rupiah. Tapi dimungkinkan dengan dolar Amerika Serikat (AS), dan tidak menutup kemungkinan penyetoran dengan mata uang lain," ujar dia pada telekonfrensi, Kamis (25/6/2020).

Sebelumnya, Kementerian Keuangan memastikan akan tetap menarik pajak kepada perusahaan digital seperti Netflix hingga Spotify. Mengingat perusahaan tersebut mengambil keuntungan di Indonesia meskipun berkantor di luar negeri.

 Baca juga: Perpajakan 2021 Ditargetkan Tumbuh 10,5% Padahal Tahun Ini Minus, Caranya?

Kemenkeu baru akan menunjuk pelaku usaha yang akan menjadi pemungut pajak elektronik tersebut di Juli 2020. Sebab pada Juli mendatang otoritas pajak juga baru akan menetapkan kriteria pelaku usaha yang wajib menjadi pemungut PPN produk digital.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini