Kelompok Bersenjata Serang Gedung Bursa Saham Pakistan

Senin 29 Juni 2020 15:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 29 278 2238214 kelompok-bersenjata-serang-gedung-bursa-saham-pakistan-0YfwrFj4pT.jpg Ilustrasi Pergerakan Saham (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Sekelompok orang bersenjata menyerang bursa saham di Karachi, Pakistan, pada Senin (29/6/2020) waktu setempat menewaskan sedikitnya dua orang dan melukai beberapa lainnya.

Para penyerang dilaporkan menyerbu ke dalam gedung setelah melancarkan serangan granat di pintu gerbang utama bangunan itu.

Baca Juga: Kabar Baik! Cuma Modal Rp12,5 Juta Perusahaan Bisa Melantai di Bursa 

Laporan terbaru mengutip keterangan polisi yang mengatakan mereka telah membunuh empat orang bersenjata dan tengah menyisir area tersebut.

Kelompok milisi Tentara Pembebasan Baloch mengklaim mereka berada di balik serangan itu.

Kelompok-kelompok etnis Baloch telah lama bertempur sebagai pemberontak. Mereka menginginkan pemisahan negara dan pembagian sumber daya yang lebih besar di provinsi Balochistan.

Pakistan telah menderita selama bertahun-tahun karena kekerasan militan, kebanyakan oleh grup Islamis, tapi serangan seperti ini telah menjadi jarang dalam beberapa tahun belakangan.

Baca Juga: Nilai Transaksi Harian BEI Turun 29,06% 

Serangan pada Senin itu dimulai ketika sejumlah orang bersenjata senapan otomatis melempar granat dan mulai menembaki pos keamanan di luar bursa saham.

"Mereka datang di mobil Corolla berwarna perak," kata kepala kepolisian Karachi Ghulam Nabi Memon seperti dilansir BBC Indonesia, Jakarta, Senin (29/6/2020).

Para petugas keamanan melawan balik, membunuh keempat penyerang, kata pihak berwenang, tapi dikhawatirkan petugas polisi dan keamanan termasuk dalam korban jiwa.

Belum jelas apakah ada lebih banyak penyerang yang terlibat, dan penyisiran lokasi terus dilakukan. Bursa Saham Pakistan mengatakan dalam sebuah pernyataan pers bahwa situasinya "masih berlangsung".

Direktur lembaga itu, Abid Ali Habib, mengatakan kelompok bersenjata masuk ke gedung dari tempat parkir mobil dan "melepaskan tembakan pada semua orang".

Sejumlah laporan mengatakan banyak orang berhasil kabur atau sembunyi di ruangan terkunci. Orang-orang di dalam gedung dievakuasi dari pintu belakang.

Gedung bursa saham menampung kantor untuk ratusan institusi keuangan dan ditempatkan dalam wilayah dengan pengamanan ketat, bersama kantor pusat bank dan perusahaan lainnya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini