Cuma IPO Anak-Cucu Usaha, Pertamina Bantah Jual Aset

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 29 Juni 2020 16:50 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 29 320 2238279 cuma-ipo-anak-cucu-usaha-pertamina-bantah-jual-aset-MozzVly1P7.jpg Pertamina (Okezone)

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) memastikan tidak akan menjual aset perseroan lewat privatisasi. Sebab yang dilakukan hanya menawarkan saham sub holding kepada publik lewat Initial Public Offering (IPO).

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, tidak ada niatan perseroan untuk menjual diri untuk mendapatkan pendanaan. Lagi pula, yang ditawarkan oleh Pertamina adalah anak cucu hingga cicit perusahaan dan bukan induk usaha.

 Baca juga: Waduh, Total Utang Pemerintah ke Pertamina Tembus Rp96,5 Triliun

"Privatisasi enggak ada dalam agenda kita. Enggak melepas saham negara. IPO itu di anak, cucu, cicit," ujarnya dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VI di Gedung DPR-RI, Jakarta, Senin (29/6/2020).

Menurut Nicke, langkah IPO hanyalah cara untuk mendapatkan pendanaan. Bahkan, IPO juga sama seperti pendanaan lainnya semacam surat utang (Bond) hingga mencari partnership untuk mengelola salah satu Wilayah Kerja (WK) atau blok migas

 Baca juga: Ungkapan Perasaan Bos Pertamina Bisa Kerja Bareng dengan Ahok

"IPO hanya salah satu opsi untuk mencari pendanaan.Ada juga global bond, program finannci, equity partnership. Itu cara aja bukan tujuan," jelasnya.

Hana saja lanjut Nicke, wacana IPO ini masih panjang karena perlu persiapan. Misalnya adalah dengan merapihkan struktur organisasi perseroan, oleh karenannya, beberapa waktu lalu Kementerian BUMN melakukan perampingan pada holding BUMN migas ini.

"Untuk mengikat itu ada corporate chapter, apa role persero dan role subholding. Kita kan tetap executive board, dalam keputusan itu setiap selasa rapat direksi EB itu bareng sama BOD sub-holding," jelasnya.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini