Besok Beroperasi, Ini Syarat Naik Kereta Bandara Soetta

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 30 Juni 2020 13:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 30 320 2238753 besok-beroperasi-ini-syarat-naik-kereta-bandara-soetta-IaWG5HcOJM.jpg Kereta Bandara Soetta. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Operator kereta bandara, PT Railink akan kembali mengoperasikan layanan penumpang yang ingin menuju ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta). KA Bandara ini mulai beroperasi 1 Juli 2020.

“Kereta Api Bandara Soekarno- hatta kembali melayani penumpang mulai 1 Juli 2020," ujar Plt Direktur Utama Railink Mukti Jauhari, dalam keterangannya, Selasa (30/6/2020).

Pengoperasian kembali Kereta Api Bandara ini diikuti dengan protokol pencegahan Covid-19 yang ketat mengacu pada Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020 tentang Protokol Kesehatan bagi masyarakat di tempat dan fasilitas umum dalam rangka pencegahan dan pengendalian corona virus disease (Covid19) dan Surat Edaran Ditjenka Kemenhub No 14 Tahun 2020 Tanggal 8 Juni 2020 tentang Pedoman dan Petunjuk Teknis Pengendalian Transportasi Perkeretaapian dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru untuk Mencegah Penyebaran Covid-19.

Baca Juga: Kereta Bandara Soetta Kembali Beroperasi 1 Juli 2020, Penumpang Dibatasi

Untuk itu, Railink telah menyusun langkah- langkah adaptasi kebiasaan baru yang harus dipatuhi oleh penumpang saat berada di area stasiun dan saat di dalam perjalanan Kereta Api Bandara.Di antaranya, wajib menggunakan masker saat berada di area stasiun maupun didalam perjalanan Kereta Api Bandara.

"Wajib menjaga jarak minimal satu meter atau mengikuti tanda atau marka yang tersedia dengan penumpang lainnya atau petugas," tuturnya.

Baca Juga: Berhenti Sementara 12 April-31 Mei, Penumpang KA Bandara Bisa Refund 100%

Selain itu, Railink sedang mempersiapkan layanan yang lebih prima ditatanan normal yang baru seperti, penerapan protokol kesehatan bagi seluruh petugas Kereta Api Bandara, penyemprotan cairan disinfektan secara berkala, penempatan wastafel, hand sanitizer. Kemudian menyediakan sabun cuci tangan di dalam toilet KA Bandara serta fasilitas terbaru berupa pemasangan sekat pembatas antar kursi kereta.

"Hari ini kami melaksanakan rapid test bagi seluruh petugas dan karyawan PT Railink dengan tujuan untuk memastikan bahwa semua petugas kami dalam kondisi sehat dan siap melayani penumpang KA Bandara mulai tanggal 1 Juli nanti," ujar Mukti.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini