Kantong Plastik Sekali Pakai Dilarang, Pedagang: Saya Kasihan

Natasha Oktalia, Jurnalis · Rabu 01 Juli 2020 13:24 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 07 01 320 2239406 kantong-plastik-sekali-pakai-dilarang-pedagang-saya-kasihan-m7UiSWUTb6.jpg Pedagang Kantong Plastik (Foto: Okezone/Natasha)

JAKARTA – Sejumlah penjual di pasar tradisional tengah mencoba mengikuti anjuran Pergub mengenai larangan penggunaan kantong plastik yang mulai berlaku hari ini.

Larangan ini sebelumnya sudah dimuat dalam Pergub Nomor 142 Tahun 2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan pada Pusat Perbelanjaan, Toko Swalayan dan Pasar Rakyat.

“Kalau saya sih kasian sama pembelinya, kalau dia bawa banyak barang enggak ada kantong pakai apa. Tapi, saya juga sudah menyiapkan, takut kena teguran.” papar salah satu penjual sayur bernama Marijan saat ditemui Okezone di Pasar Jaya Kedoya, Jakarta Barat, Rabu (1/7/2020).

Baca Juga: Sediakan Kantong Plastik, Toko Terancam Denda Rp25 Juta hingga Cabut Izin Usaha 

Keputusan ini jelas sangat berpengaruh pada omzet, saat disinggung tentang kerugian omzet pelaku usaha tersebut enggan memberi tahu. "Kalau omzet yah menurun tapi enggak perlu disebutin, sedih lah kalau itu," katanya.

Para pedagang mengaku belum mendapatkan solusi yang tepat untuk mengatasi keputusan ini, menunggu keputusan pemerintah atas solusi masih sangat dinanti-nantikan sejumlah pelaku usaha yang sangat terdampak.

Baca Juga: Bisnis Terancam, Pedagang Kantong Plastik Banting Setir Jualan Sembako 

Sanksi yang diberikan juga beragam mulai dari sanksi teguran, sanksi pemakaian tempat usaha sampai pembatalan tempat usaha sesuai aturan yang berlaku. Pemerintah setempat mengimbau agar para pengunjung membawa kantong belanja ramah lingkungan dari rumah masing-masing.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini