Tesla Lebih Berharga dari Toyota hingga Disney, Elon Musk Bahagia

Natasha Oktalia, Jurnalis · Kamis 02 Juli 2020 12:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 02 320 2239972 tesla-lebih-berharga-dari-toyota-hingga-disney-elon-musk-bahagia-I5QMsyW6br.jpg Tesla (Foto: Reuters)

JAKARTA - Tesla, perusahaan mobil listrik milik Elon Musk menjadi perusahaan paling berharga di dunia, bahkan mengalahkan produsen automotif lainnya seperti Toyota.

Nilai valuasi Tesla melebihi nilai hampir setiap perusahaan di S&P 500, termasuk beberapa perusahaan Amerika yang ikonik.

Melansir CNN, Jakarta, Kamis (2/7/2020), saham Tesla (TSLA) naik 4% pada perdagangan Rabu waktu setempat dan mencapai rekor tertinggi baru di atas USD1.120 per saham dengan kapitalisasi pasar Tesla hampir USD210 miliar.

Baca Juga: Elon Musk Jadikan Ratu Elizabeth II Meme, Disamakan dengan Teletubbies 

Hal ini membuat Tesla menjadi perusahaan automotif paling berharga di dunia, mengalahkan Toyota. Selain itu, kapitalisasi pasar Tesla komponen Dow mengalahkan Coca-cola, Disney, Cisco, Merck dan Exxon Mobil.

Saat ini hanya ada 19 perusahaan di S&P 500 yang nilainya lebih dari Tesla. Salah satunya adalah pemilik CNN AT&T (T).

Tesla juga bernilai lebih dari PayPal, perusahaan yang dibentuk dari penggabungan perusahaan pembayaran lain yang didirikan oleh Musk.

Baca Juga: Tesla Jadi Perusahaan Automotif Terkaya di Dunia Kalahkan Toyota 

Tesla memang tidak selalu menguntungkan secara konsisten untuk bergabung dengan S&P 500. Tetapi mungkin mendekati milestone tersebut.

Optimisme tentang kendaraan listrik tidak terbatas pada Tesla. Saham pembuat truk listrik Nikola telah melonjak sejak perusahaan go public pada bulan Juni melalui merger dengan perusahaan cek kosong yang diperdagangkan secara publik. Nikola sekarang bernilai hampir USD25 miliar, lebih dari Ford.

Kemudian, stok pembuat baterai listrik Workhorse (WKHS) yang memiliki saham di startup swasta Lordstown Motors telah meningkat dua kali lipat hanya dalam seminggu terakhir.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini