Ingat Ya, Bakteri Listeria di Jamur Enoki Bisa Mati pada Suhu 75 Derajat

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis 02 Juli 2020 13:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 02 320 2240032 ingat-ya-bakteri-listeria-di-jamur-enoki-bisa-mati-pada-suhu-75-derajat-AaY9wmrhRm.jpeg Jamur Enoki (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Bagi masyarakat yang masih menemukan peredaran jamur enoki di pasaran dan bukan berasal dari produsen Green Co Ltd, Korea Selatan, masih aman untuk dikonsumsi. Agar terhindar dari paparan bakteri listeria monocytogenes diharapkan untuk memasaknya dengan suhu minimal 75 derajat celcius.

"Bakteri listeria itu akan mati dalam 75 derajat celcius selama 5 menit," kata Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan, Agung Hendriadi di Gedung Kementan, Jakarta Selatan, Kamis (2/7/2020).

Baca Juga: Picu Kematian, Jamur Enoki Dilarang Beredar

Agung menjelaskan salah satu solusi terbaik terhindar dari bakteri listeria monocytogenes adalah dengan tidak mengonsumsinya secara mentah-mentah.

"Tetap tidak boleh dikonsumsi secara langsung," kata dia.

Dia menjelaskan, biasanya jamur enoki itu dijual dengan kemasan seberat 200 gram. Sehingga, apabila bungkusannya sudah terbuka, sebaiknya langsung dimasak dengan suhu minimal 75 derajat celcius.

Baca Juga: Dilarang Beredar, Penjual Sayur Online Stop Jualan Jamur Enoki

"Kalau (kemasan jamur enoki sudah) dibuka, itu harus segera dimasak," ujarnya.

Sebelumnya, Kementan telah memusnahkan jamur enoki asal produsen Green Co Ltd, Korea Selatan, sebanyak 8,1 ton. Kini, dipastikan keberadaannya sudah tak ada lagi di pasaran.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini