Cita-Cita Erick Thohir: Ekonomi Indonesia Terkuat di Dunia pada 2045

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis 02 Juli 2020 21:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 02 320 2240356 cita-cita-erick-thohir-tidak-ada-lagi-bumn-di-2045-LGEfuSLOfj.jpg Kementerian BUMN (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir memiliki cita-cita agar Indonesia menjadi salah satu negara yang mempunyai kekuatan ekonomi terkuat di dunia pada 2045. Dengan begitu, diharapkan nantinya kehadiran perusahaan pelat merah tak lagi diperlukan di Tanah Air.

“Apakah 2045 ada BUMN lagi atau tidak? Mungkin saja tidak ada, karena 2045 daya beli masyarakat sudah tinggi," kata Erick dalam diskusi virtual, Kamis (2/72020).

 Baca juga: Menteri Erick Beberkan Penyebab Banyak Kasus Korupsi di BUMN

Saat ini, lanjut dia, keberadaan BUMN tentu masih dibutuhkan oleh Indonesia. Sebab, dividen dari BUMN itu masih menopang sepertiganya pengendali ekonomi di Indonesia. Kini, beberapa maju yang sudah tak membutuhkan BUMN, yakni Amerika Serikat dan China.

"Di Amerika kita sudah tidak kenal yang namanya BUMN tapi di China, atau di beberapa negara yang mix seperti Singapura, Malaysia, masih ada. Tapi modelnya kita lebih mirip sama China," kata dia.

 Baca juga: DPR Panggil Bos-Bos BUMN Karya Bahas Utang Pemerintah

Menurut dia, bila BUMN dihilangkan pada saat ini atau beberapa tahun ke depan itu masih belum bisa, karena dirinya melihat urusan bisnis dan pembangunan negara belum bisa sepenuhnya diserahkan kepada pihak swasta.

“Karena mungkin memang daya belinya sudah tinggi, jadi tidak perlu lagi subsidi listrik, pupuk, dan lain-lain Tapi karena daya beli di Indonesia masih rendah, keberadaan BUMN ini lebih impactfull. Karena tidak mungkin lah suruh swasta untuk melakukan penugasan yang tidak ada kekuatan bisnisnya di awal. Penugasan ini yang jadi kekuatan BUMN," ucap mantan Bos Inter Milan tersebut.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini