Share

Baru Gajian? Simak Cara Mengatur untuk Masa Depan hingga Cicilan

Fadel Prayoga, Okezone · Minggu 05 Juli 2020 21:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 05 320 2241467 baru-gajian-simak-cara-mengatur-untuk-masa-depan-hingga-cicilan-z9qvMzCO0d.jpg Pentingnnya Mengatur Keuangan di Tengah Covid-19. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Mengelola atau mengatur pendapatan dari gaji sangat penting pada masa pandemi virus corona. Sebab, segala sesuatu hal sangat sulit diprediksi termasuk perekonomian yang saat ini kian tertekan akibat meluasnya Covid-19.

Untuk itu, masyarakat diajak untuk mengeloa keuangan sebaik mungkin. Apalagi sekarang masih tanggal muda alias baru gajian.

Baca Juga: Gaji Rp4 Juta Ingin Beli Sepeda Sekelas Brompton, Caranya?

Ada cara bagaimana mengelola keuangan yang bisa diikuti. Misalnya, sisihkan uang untuk kebaikan sekira 10% dari total gaji.

"Jadi upayakan untuk menyisihkan pada kebaikan berapapun penghasilanmu. Minimal 10%," tulis Instagram @kemnaker, Minggu (5/7/2020).

Baca Juga: Dear Milenial, Begini Strategi Menabung di Tengah Covid-19

Kemudian yang kedua sisihkan untuk kebutuhan seperti makan, transportasi dan kebutuhan pokok lainnya sebesar 40%. Lalu Siapkan untuk masa depan sebesar 20 dari gaji.

"Dana darurat, asuransi jiwa dan kesehatan, pendidikan anak dan dana pensiun," tulis Kemnaker.

Dan hal terakhir untuk diterapkan dalam pengelolaan keuanganmu adalah cicilan. Memiliki cicilan untuk kebutuhan yang sifatnya produktif sangat bijak. Kalian bisa menyisihkan untuk cicilan ini sebesar 30%.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini