Share

Pergerakan Pesawat Terbatas, Tol Menuju Bandara Soetta Masih Sepi

Fadel Prayoga, Jurnalis · Minggu 05 Juli 2020 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 05 320 2241481 pergerakan-pesawat-terbatas-tol-menuju-bandara-soetta-masih-sepi-hKPVjhamnP.jpg Tol Jasa Marga. (Foto: Okezone.com/Jasa Marga)

JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat pergerakan lalu lintas menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) masih sepi meski Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi di wilayah Jakarta sudah diberlakukan. Hal ini terlihat dari data di Tol Prof Dr Ir Soedijatmo.

"Ssaat ini masih belum memperlihatkan peningkatan akibat masih terbatasnya pergerakan menggunakan moda transportasi udara.," ujar Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru, dalam keterangannya, Minggu (5/7/2020).

Baca Juga: Aktivitas Tol Jagorawi hingga Cikampek Meningkat Selama PSBB Transisi, Ingat Protokoler Kesehatan!

Pada ruas tol lainnya, kata Heru justru mengalami peningkatan. Hal tersebut karena adanya pergerakan masyarakat di masa new normal mempengaruhi peningkatan lalu lintas.

"Bisa kita simpulkan memang ada peningkatan. Sebelumnya, pasca pemberlakuan PSBB hingga sebelum diberlakukan periode new normal," ujar Heru.

Baca Juga: Tol Serang-Panimbang Ditargetkan Beroperasi 2021

Peningkatan yang terjadi, khususnya pasca pemberlakuan PSBB transisi di DKI Jakarta, terdapat di sejumlah jalan tol yang ada di wilayah Jabodetabek, di antaranya untuk ruas jalan tol yang mengalami recovery cukup baik adalah jalan tol radial disekitar Jakarta yaitu Jalan Tol Jagorawi, Jakarta-Tangerang, dan Jakarta-Cikampek.

Pada seminggu layanan transportasi umum dibuka kembali, situasi Bandara Internasional Soekarno-Hatta masih sepi. Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhamad Awaluddin menerangkan bahwa keadaan tersebut memang sesuai dengan jumlah pergerakan pesawat yang jauh lebih sedikit dibanding hari biasa.

Tercatat jumlah pergerakan pesawat sejak pertama kali layanan transportasi dibuka kembali hingga hari ini, hanya terealisasi sebanyak 737 pergerakan pesawat. Jumlah tersebut sudah meliputi seluruh penerbangan domestik dan internasional baik kedatangan maupun keberangkatan.

"Rekapan data lima hari pemberlakuan transportasi untuk Bandara Soekarno-Hatta telah terealisasi sebanyak 737 pergerakan pesawat. Diluar Bandara Soekarno-Hatta, pergerakan pesawat jauh lebih sedikit hanya 274 pergerakan," jelas Awaluddin. 

Menurut Awaluddin, angka tersebut sangat jauh dibandingkan dengan pergerakan pesawat di hari biasa. Pada hari biasa, dalam sehari pergerakan pesawat di Bandara Soekarno-Hatta mencapai 1.200. Bahkan, jika memasuki musim mudik jumlahnya akan meningkat dua kali lipat.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini