Share

KAI Mau Bangun Kereta Tanpa Rel Buatan China di Bali

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 08 Juli 2020 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 08 320 2243170 kai-mau-bangun-kereta-tanpa-rel-buatan-china-di-bali-4NtwgX5YDD.jpg KAI (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) berencana untuk membuka jalur kereta api di Bali. Langkah tersebut dilakukan untuk mendukung sektor pariwisata di pulau dewata.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, saat ini pihaknya sudah ada diskusi dengan Gubernur Bali untuk proyek ini. Rencananya kereta ini akan dibangun dekat bandara dan mengarah ke Sanur.

"Jadi kami akan bangun suatu angkutan yang sifatnya commuter dari bandara ke arah Sanur bolak-balik," ujarnya dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR di Jakarta, Rabu (8/7/2020).

Baca Juga: Cegah PHK Massal, KAI Butuh Dana Talangan Rp1,25 Triliun 

Menurut Didiek, kereta yang akan dibangun sejenis commuter dari China. Kereta ini merupakan produk terbaru karena tanpa menggunakan rel.

"Kami sedang evaluasi, mengkaji, (commuter-nya) menggunakan ARTS China, itu terbaru, tanpa rel," kata Didiek

Didiek menjelaskan, nantinya kereta ini akan berjalan di jalanan umum seperti kendaraan darat pada umumnya. Mengingat, tidak ada rel yang digunakan untuk jalur tenpat kereta berjalan.

Baca Juga: Akal Bulus Mantan Bos Nissan Bisa Kabur, Bayar Rp12,4 Miliar 

Jika proyek di Bali ini sudah berjalan, maka kota-kota lain akan menyusul. Namun KAI harus bersabar mengingat, saat ini commuter sejenis ini tengah diuji coba selama 6 bulan di negeri asalnya, China.

"Lagi diuji coba di China. Nanti kita lihat, kalau itu bisa berjalan, di kota-kota lain bisa kita kembangkan," jelas Didiek.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini