Pencahayaan Ruangan Berpengaruh ke Rasa Nyaman Lho, Ini Penjelasannya

Natasha Oktalia, Jurnalis · Jum'at 10 Juli 2020 13:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 10 470 2244233 pencahayaan-ruangan-berpengaruh-ke-rasa-nyaman-lho-ini-penjelasannya-QOOfwkxDHc.jpeg Foto Rumah: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA - Rumah, kantor bahkan ruangan mempunyai fokus khusus terhadap pencahayaan. Kenyamanan ruangan akan terasa jika dibantu dengan pencahayaan yang nyaman pula.

Pembahasan kali ini akan difokuskan pada pencahayaan yang bersifat buatan. Intensitas dan warna cahaya dapat diatur dan ditata sesuai konsep interior ruang, baik ketika ditempatkan sebagai elemen estetis atau fungsional.

Baca Juga: 5 Penyebab Kerusakan Rumah, Salah Material hingga Faktor Alam

Seperti apa yang dilansir dari buku 20 Inspirasi Memadukan Rumah & Kantor karya Tedi Supriyadi Hidayat, Jakarta, Jumat (10/7/2020). Beberapa tipe pencahayaan ternyata terbagi menjadi tiga, berikut penjelasannya.

Pencahayaan umum atau General lighting, pencahayaan ini akan menghasilkan suasana seperti pada umumnya terang dan cocok untuk diaplikasikan pada ruang dengan aktivitas sehari-hari yang berintensitas tinggi. Dapat diaplikasikan pada ruang makan, kerja, area keluarga. Karena, efek yang diberikan pada pencahayaan ini adalah penerangan yang berkesan luas dan aktif.

Baca Juga: Konsep Minimalis untuk Kitchen Set, Taruh Lampu Tersembunyi

Berikutnya yaitu pencahayaan setempat atau task lighting. Pencahayaan ini mencakup pencahayaan spesifik dengan fungsinya, contoh yang diambil dari buku ini adalah penempatan pada ruang kerja yang terdapat lampu khusus untuk menyinari bagian meja yang mendukung kelancaran saat beraktivitas menulis dan membaca.

Tipe yang terakhir adalah pencahayaan aksen atau accent lighting, tipe ini mempunyai peran sebagai pencipta suatu mood atau aksen yang dapat menciptakan suasana tertentu. Dapat diaplikasikan dengan berbagai tipe lampu atau lighting fixture.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini