Fokus Covid-19, Anggaran Ibu Kota Baru di APBN 2020 Ditiadakan

Ferdi Rantung, Jurnalis · Sabtu 11 Juli 2020 19:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 11 470 2244922 fokus-covid-19-anggaran-ibu-kota-baru-di-apbn-2020-ditiadakan-kfkwmTlYUa.jpg Ibu kota pindah (Shutterstock)

JAKARTA - Kementerian Keuangan menyatakan tidak ada anggaran untuk proyek ibu kota baru negara (IKN) hingga akhir 2020. Pasalnya, saat ini pemerintah fokus dalam penanganan pandemi Covid-19.

"Pemerintah saat ini fokus pada upaya-upaya penanggulangan pandem. Jadi setahu saya tidak muncul-muncul anggaran bagi IKN sampai saat ini," kata Direktur Pengelolaan Dukungan Pemerintah dan Pembiayaan Infrastruktur Ditjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu, Brahmantio Isdijoso dalam diskusi secara virtual, Sabtu (11/7/2020)

 Baca juga: Siap-Siap, PNS Pindahan ke Ibu Kota Baru 2024

Menurutnya, selama ini Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa terkait pembiayaan IKN diupayakan untuk tidak membebani APBN. "Hal ini sudah dibahas dengan matang sebelum terjadinya pandemi," katanya.

Brahmantio juga menambahkan bahwa terkait proses pemulihan ekonomi semua pihak berpikir bagaimana berkolaborasi, dalam upaya untuk mendorong percepatan pemulihan. Di mana, dengan melihat karakteristik kebutuhan infrastruktur, memperhatikan protokol kesehatan dan mencari kreativitas agar cost of fund bisa seminimal mungkin.

 Baca juga: Presiden Jokowi Teken Perpres Tata Ruang, Jakarta Masih Jadi Pusat Pemerintahan

Sebelumnya, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa pernah menegaskan bahwa pembangunan ibu kota baru tak menghabiskan banyak anggaran yang bersumber dari APBN. Saat ini, pemerintah belum mengucurkan anggaran untuk proyek pembangunan IKN di Kalimantan Timur (Kaltim).

"Sementara sekarang pemerintah sedang menghadapi pandemi COVID-19. APBN pun dikerahkan untuk penanganan dan pemulihan negara akibat merebaknya virus Corona." kata Suharso.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini