Kepala BKPM Beberkan Cara Negara Bertahan dari Covid-19

Aditya Pratama, Jurnalis · Senin 13 Juli 2020 17:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 13 320 2245717 kepala-bkpm-beberkan-cara-negara-bertahan-dari-covid-19-XDZewfijBL.jpg Virus Corona (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyebut bahwa pandemi Covid-19 membuat setiap negara berusaha memenuhi kebutuhan dalam negeri masing-masing. Sebab, hal ini merupakan salah satu strategi untuk mampu bertahan di tengah pandemi.

"Sudah pasti masing-masing negara berusaha untuk memenuhi kebutuhan domestik karena ini salah satu strategi untuk bagaimana bisa melakukan penguatan ke negara masing-masing," ujar Bahlil dalam acara secara virtual, Senin (13/7/2020).

Baca Juga: Harkopnas Ke-73, Teten: Sayangnya Baru 8,41% Masyarakat Tergabung Koperasi 

Bahli menilai, pergerakan barang dan orang antar negara juga akan mengalami penurunan signifikan, setidaknya dalam waktu satu hingga tiga tahun ke depan.

"Saya melihat ini pergerakan barang dan orang akan mengalami penurunan antar negara, minimal 1-3 tahun, selain barang orang pun akan berkurang, orang mulai ragu benar enggak nih satu negara ini aman," katanya.

Baca Juga: Titik Balik Ekonomi di Kuartal III-2020, Bos BCA: Masa Depan Masih Bagus 

Bahlil menyebut, masing-masing negara saat ini akan memaksimalkan ekonomi lokal untuk bertahan di masa pandemi. Menurutnya, diberbagai daerah telah menggalakkan program penguatan pangan lokal.

"Kalau sekarang kita lihat masing-masing daerah sudah melakukan gerakan menanam pangan lokal. Kalau di Papua itu orang kaya makan beras, kalau makan singkong itu dianggap orang tidak kaya dan sekarang kebalikan," ucap Bahlil.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini