Food Estate vs Impor Pangan, Mana yang Lebih Efektif?

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 14 Juli 2020 16:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 14 320 2246247 food-estate-vs-impor-pangan-mana-yang-lebih-efektif-fsH5AOl0f9.jpg Beras (Okezone)

JAKARTA - Pemerintah bakal memulai menyiapkan Kalimantan Tengah sebagai lumbung pangan baru (food estate). Rencananya, lumbung pangan ini akan mulai diuji coba pada Oktober 2020 untuk lahan seluas 28.000 ha.

Lalu apakah cara ketahanan pangan akan efektif dengan food estate (pembukaan lahan baru) atau impor pangan?

 Baca juga: Presiden Jokowi Buka-bukaan Tunjuk Prabowo Urus Lumbung Pangan

Pengamat Ekonomi Indef Bhima Yudhistira mengatakan food estate perlu dievaluasi konsepnya. Kalau food estate masih membangun lahan produksi padi, jagung belum terjadi diversifikasi pangan.

Padahal saat ini pembukaan lahan juga perlu menimbang keanekaragaman pangan yang setiap daerah berbeda-beda tergantung kultur dan kondisi geografisnya.

 Baca juga: Makin Mahal, Harga Daging Ayam dan Telur Kompak Naik

"Jadi jangan mengulang lagi politik perberasan pada era revolusi hijau orde baru. Meskipun konsep food estate lebih baik daripada impor pangan tapi perlu disempurnakan agar lebih berkelanjutan," ujar dia kepada Okezone, Selasa (14/7/2020).

Menurutnya, impor pangan itu berisiko terhadap ketahanan pangan. Contohnya, saat terjadi pandemi dimana rantai pasok pangan terganggu.

"Produksi global juga turun, nah kalau Indonesia over ketergantungan dengan impor wah bisa krisis pangan," ungkap dia.

 Baca juga: Ancaman Sektor Agribisnis dari Covid-19 hingga Krisis Pangan

Selain pembukaan lahan baru, dirinya sarankan untuk intensifikasi pangan melalui inovasi dan teknologi. Di mana sekarang teknologi sudah canggih, panen bisa lebih sering dengan ketahanan terhadap hama dan perubahan iklim yang tinggi.

"Kenapa tidak mengoptimalkan produksi dilahan existing? Dengan inovasi benih unggul, pupuk, dan alsintan modern. Itu juga bisa jadi solusi," tandas dia.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini