Share

Karakter Petani Sukses, Kalau Gagal Bangkit Kembali

Natasha Oktalia, Jurnalis · Jum'at 17 Juli 2020 15:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 17 320 2247954 karakter-petani-sukses-kalau-gagal-bangkit-kembali-RpRaod40XX.jpg Petani (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menjadi orang yang sukses tidak bisa dicapai secara instan. Ada proses perjalanan yang biasanya dilalui saat seseorang ingin mencapai kesuksesan.

Selama perjalanan menuju kesuksesan, ada pelajaran yang bisa dipetik. Selain pelajaran, ada pula pengalaman pahit atau manis dalam proses itu.

Sama halnya dengan menjadi petani sukses, bukan hal yang mudah untuk menjadi petani sukses. Semua ini tidak hanya bergantung pada skill, namun juga kriteria.

Baca Juga: Bingung Bisnis Apa saat Pandemi? Yuk, Bangun Usaha di Sektor Pertanian

Dalam postingan Instagram @kementerianpertanian, Jumat (17/7/2020), dijelaskan mengenai apa saja kriteria yang harus dimiliki untuk menjadi petani yang sukses. Hal pertama yang harus dimiliki adalah rasa ingin tahu yang tinggi serta mau belajar dan mencoba hal baru sekaligus kreatif.

Hal tersebut jelas harus dimiliki, dari rasa ingin tahu yang tinggi tentunya akan mendapatkan pengetahuan baru juga nantinya. Berani mengambil risiko, sulit namun harus. Orang sukses adalah mereka yang berani mengambil risiko. Bahkan kegagalan sekalipun. Tidak mungkin semuanya berjalan lurus-lurus saja.

Sebagai calon petani yang sukses, harus pantang menyerah dan selalu bisa bangkit saat gagal. Gagal adalah hal yang biasa, yang tidak biasa adalah mereka yang mampu bangkit kembali.

Baca Juga: Kisah Petani Milenial, Covid-19 Bikin Penjualannya Meroket 150%

Mengetahui cara atau kunci keberhasilan usaha tani. Lalu, sikap optimis dan percaya diri. Optimis untuk selalu bisa melakukan hal tersebut, jangan pesimis dulu ya!

Yang terakhir adalah, kerja keras dan disiplin. Dua hal penting karena kerja keras akan membuahkan hasil yang baik dan memuaskan, tentunya jaga selalu disiplin atas diri sendiri.

"Menjadi petani yang sukses itu tidak mudah. Minimal harus melakukan atau menjalani hal yang sama seperti yang dilakukan oleh orang-orang sukses di dunia," tulis Kementerian Pertanian pada postingannya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini