Eselon I KKP Mundur Jabatan, Menteri Edhy: Itu Hak

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 22 Juli 2020 10:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 22 320 2250185 eselon-i-kkp-mundur-jabatan-menteri-edhy-itu-hak-v6p0de1zJQ.jpg Menteri KKP Edhy Prabowo. (Foto: Okezone.com/iNews)

JAKARTA - Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Zulficar Mochtar mundur dari jabatannya.

Merespons hal itu, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengatakan, KKP telah terlebih dulu bersurat kepada Zulficar Mochtar yang masa kerjannya sudah habis pada bulan September tahun ini.

Baca Juga: Selain Lobster, Perusahaan Hashim Djojohadikusumo Juga Budi daya Teripang hingga Kerapu

"Ada yang mundur saya pikir itu hak ya. Saya pikir secara prinsip kami juga sudah bersurat lebih dulu, bahwasanya sebenarnya bulan September ini beliau sudah habis masa kerjanya," ujar dia pada telekonfrensi, Rabu (22/7/2020).

 KKP menyurati Zulficar Mochtar karena dari aturan hukum Undang-Undang (UU), Aparatur Sipil Negara (ASN) yang namanya jabatan Eselon I itu tidak boleh dijabat non-PNS.

 "Tapi dia bukan PNS. Jadi sebetulnya secara prinsip kita harus mengganti yang PNS," ungkap dia.

Seperti diketahui, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memberhentikan Zulficar Mochtar dari jabatannya sebagai Direktur Jenderal Perikanan Tangkap KKP.

Baca Juga: Masih Ada Pencurian Ikan Pakai Rumpon Ilegal, 194 Kapal Diciduk

Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Luar Negeri KKP, Agung Tri Prasetyo mengatakan, Kementerian Kelautan dan Perikanan yang memiliki tugas mengelola sumber daya alam Indonesia, khususnya sumber daya kelautan dan perikanan Indonesia.

“Upaya menjalankan tugas strategi ini ditempuh salah satunya melalui manajemen pegawai negeri sipil yang akuntabel, transparan, dan berbasis sistem merit,” kata Agung dalam keterangannya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini