Ingin Lanjut Kuliah tapi Terkendala Biaya, Bisa Mulai Usaha Dulu Lho

Giri Hartomo, Jurnalis · Sabtu 25 Juli 2020 16:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 25 320 2251900 ingin-lanjut-kuliah-tapi-terkendala-biaya-bisa-mulai-usaha-dulu-lho-5X2Z3GWbOl.jpg Kuliah atau Bisnis (Foto: Okezone)

JAKARTA - Melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi menjadi impian setiap orang. Namun seringkali keinginan tersebut terganjal oleh masalah biaya.

Apalagi di tengah situasi seperti saat ini, yang mana uang menjadi sesuatu hal yang sulit. Mengingat para perusahaan juga banyak yang melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) untuk menyeimbangkan keuangannya agar bisa bertahan dari pandemi virus corona.

Baca Juga: Kabar Gembira, Ada Beasiswa S2 untuk PNS 

Lantas gimana sih jika ingin lanjut kuliah tapi dana terbatas ? Perencana Keuangan Andi Nugroho mengatakan, untuk bisa memiliki dana untuk kuliah bisa mencari pemasukan lain.

Misalnya dengan membuka usaha terlebih dahulu. Dengan membuka usaha minimal selama dua tahun saja bisa mendapatkan penghasilan yang cukup untuk membayar kuliah.

Baca Juga: Ingin Kuliah S2 dengan Biaya Sendiri? Ini Tipsnya

Apalagi jika usaha yang dijalani sukses besar. Bukan tidak mungkin nantinya antara kuliah dan menjalankan bisnis bisa berjalan secara beriringan.

"Kelebihannya biasanya kalau sekolahnya belakangan duitnya lebih banyak," ujarnya saat dihubungi Okezone, Sabtu (25/7/2020).

Menurut Andi, lagi pula jika fokus pada memulai bisnis sebelum kuliah, potensi untuk usahanya naik sangat besar. Karena, yang bersangkutan bisa fokus tanpa terganggu tugas kuliah.

"Kalau mulai bisnis berarti mereka bisa fokus mengerjakan bisnis tersebut. Jadi enggak terdistrak harus ngerjain tugas bikin essay ujian bisa mencurahkan waktunya secara maksimal di bidang tersebut," jelasnya.

Namun harus diingat tujuan untuk melanjutkan usaha juga harus bulat. Jangan sampai karena bisnisnya berhasil dan memiliki banyak uang, akhirnya ogah untuk kembali melanjutkan studi.

"Minusnya adalah sama aja kalau bisnisnya lancar ternyata dia tidak mengambil sekolah lagi ada kemungkinan akan sulit untuk diakhiri untuk tenaga pengajar apabila pendidikannya tidak memadai," kata Andi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini