Hipmi-Krakatau Steel Kolaborasi Majukan Industri Baja Nasional

Feby Novalius, Jurnalis · Selasa 28 Juli 2020 15:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 28 320 2253364 hipmi-krakatau-steel-kolaborasi-majukan-industri-baja-nasional-8jdDoN3Flz.jpg MoU Hipmi dengan Krakatau Steel. (Foto: Okezone.com/Hipmi)

JAKARTA - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) melakukan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan PT Krakatau Steel (Persero) Tbk. MoU tersebut terkait kolaborasi membangun kemandirian industri baja nasional.

Perjanjian kerjasama ini ditandatangani oleh Ketua Umum BPP Hipmi Mardani H Maming dengan Direktur Utama Krakatau Steel Silmy Karim.

Baca Juga: Hipmi Dorong Pengusaha Support Garuda Indonesia

Maming mengatakan, kerjasama ini dilakukan dalam rangka menguatkan sinergi antara BUMN dan swasta untuk memajukan industri baja nasional melalui pemanfaatan kompetensi, fasilitas, jasa dan produk yang dimiliki baik oleh Hipmi maupun Krakatau Steel.

MoU Hipmi-KS

"Kami sangat mengapresiasi Krakatau Steel khususnya Direktur Utama PT Krakatau Steel Abang Silmy Karim yang juga senior HIPMI yang berhasil membawa Krakatau Steel menjadi jauh lebih baik terlihat dari laporan keuangan semester satu yang profit dan usaha-usaha menekan efisiensi yang sudah dilakukan Krakatau Steel dalam satu tahun ke belakang. Ini merupakan terobosan Krakatau Steel setelah 8 tahun merugi," ujar Maming, dalam keterangannya, Selasa (28/7/2020).

Baca Juga: HIPMI dan MNC Group Jajaki Kerjasama Bisnis Digital Perkuat Ekosistem Milenial

Maming berharap, dengan adanya kerjasama ini, pemerintah bisa memproteksi dan mendukung kemajuan industri baja nasional. Salah satunya dengan sinergi BUMN dan juga proyek-proyek pemerintah.

Terutama untuk proyek-proyek infrastruktur di dalam negeri agar menggunakan produk baja yang dihasilkan manufaktur nasional.

Sementara itu, Direktur Utama Krakatau Steel Silmy Karim mengatakan, pihaknya akan menciptakan sinergi yang harmonis dengan semua pihak untuk mendayagunakan potensi yang ada agar dapat memberikan kebaikan pada industri baja nasional.

"Krakatau Steel membuka kesempatan untuk pihak swasta khususnya pengusaha muda untuk bisa kolaborasi dengan Krakatau Steel sesuai dengan arahan Presiden dan Menteri BUMN," jelas Silmy.

Selain kerjasama yang tertuang dalam penandatangan (MoU) antara Himpi dan Krakatau Steel dalam membangun kemandirian industri baja untuk memajukan usaha kecil, menengah (UMKM) dan industri baja nasional, Krakatau Steel pun melakukan program hilirisasi yang sudah dimulai beberapa waktu lalu.

"Inovasi bisnis yang dilakukan Krakatau Steel dalam masa pandemi Covid-19 seperti memproduksi baja ringan merk KS juga merupakan suatu hal yang luar biasa. Krakatau Steel masuk ke hilirisasi produk tanpa mematikan pemain swasta, malah bekerjasama," tuturnya. (feb)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini