Share

Begini Cara Mark Zuckerberg Pulihkan UMKM Indonesia Sakit karena Covid-19

Michelle Natalia, Jurnalis · Rabu 29 Juli 2020 15:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 29 320 2253986 begini-cara-mark-zuckerberg-pulihkan-umkm-sakit-karena-covid-19-YqY6Msz20e.jpg Mark Zuckerberg (Foto: AP)

JAKARTA - Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia Ruben Hattari mengatakan bahwa Facebook Group, termasuk di dalamnya Facebook, Instagram, dan Whatsapp, akan membantu pihak Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) dan LLP (Smesco Indonesia) untuk melatih UMKM Indonesia.

"UKM adalah tulang punggung perekonomian Indonesia, tapi juga merupakan komunitas yang terbesar di platform kami," ungkap Ruben dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (29/7/2020).

Baca Juga: Mark Zuckerberg Turun Tangan Pulihkan UMKM Indonesia 

Dia menyampaikan, pertemuannya hari ini dengan Menkop UKM Teten Masduki dan Direktur Utama Smesco Indonesia Leonard Theosabrata adalah untuk membahas bagaimana platform keluarga besar Facebook dengan platform lainnya bisa membantu UMKM cepat pulih, atau mengakselerasi pemulihannya.

"Selain jadi fokus pemerintah, ini menjadi fokus grup selama 6 bulan hingga 1 tahun ke depan. Sampai tahap ini, sudah sebanyak 85 ribu UKM yang sudah kami latih," ucap Ruben.

Baca Juga: Jeli Melihat Peluang, Pengrajin Ini Untung Besar dari Tren Sepeda 

Mark Zuckerberg

Dia menyebutkan, pemulihan ini dilakukan lewat pelatihan terlebih dahulu, di mana sebagian besar pelatihan yang beragam ini dilakukan secara virtual.

"Kami juga sudah membicarakan jumlah UKM yang akan kami latih bersama Smesco, sampai saat ini jumlahnya masih di angka 15 ribuan, tapi ini masih platform minimal. Kami berharap bisa meningkatkan angka ini sebisa mungkin," tambah Ruben.

Selain itu, Facebook Group juga berkomitmen untuk melayani dan membantu rekan-rekan UKM untuk pulih.

"Bukan hanya untuk memulihkan UKM dan melayani pasar Indonesia saja, tapi sesuai kata-kata pak Menteri, yang penting juga adalah bagaimana kita bisa menemukan mutiara-mutiara baru di antara UKM ini yang bisa go international dan membawa nama harum Indonesia," pungkas Ruben.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini