Bikin Macet, Angkutan Barang Tidak Lewat Tol selama Libur Idul Adha

Feby Novalius, Jurnalis · Sabtu 01 Agustus 2020 08:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 01 320 2255291 bikin-macet-angkutan-barang-tidak-lewat-tol-selama-libur-idul-adha-dzeKA5GpqY.jpg Puncak Arus Balik Libur Idul Adha terjadi Minggu 2 Agustus 2020. (Foto: Okezone.com/Jasa Marga)

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengimbau mobil barang dengan sumbu tiga atau lebih untuk tidak kembali ke Jakarta dengan menggunakan jalan tol. Tujuannya supaya arus balik selama periode libur Idul Adha bisa lancar.

"Untuk menghindari kemacetan dan mengantisipasi lonjakan kendaraan prinadi yang akan melakukan perjalanan balik ke Jakarta, maka pada hari Minggu (2/8/2020) nanti mobil barang dengan sumbu tiga ke atas diimbau untuk tidak melakukan perjalanan ke Jakarta melalui jalan tol karena saat ini berdasarkan laporan yang saya dapatkan cenderung ada kenaikan volume lalu lintas di jalan tol pada periode libur Idul Adha,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi, dalam keterangannya, Senin (2/8/2020).

Baca Juga: Usai Libur Panjang, Masyarakat Diimbau Tidak Kembali ke Jakarta

Budi mengatakan, para pengemudi truk sumbu tiga ke atas dapat menghindari penggunaan tol Trans Jawa mulai dari Ruas Semarang sampai dengan Jakarta karena akan diprioritaskan untuk kendaraan pribadi.

“Dengan demikian mobil barang logistik sumbu 3 ke atas diharapkan menggunakan jalan arteri (non tol) yaitu melalui Jalur Pantura Semarang – Cirebon – Indramayu – Karawang - Bekasi,” ujarnya.

Dirinya juga meminta agar para pelaku usaha dan industri dapat mempersiapkan diri dan menyesuaikan waktu pengaturan arus balik sesuai dengan imbauannya tersebut.

Baca Juga: Hari Raya Idul Adha, Menko Airlangga Sisipkan Doa saat Corona

Sementara itu, Operation Management & Maintenance Group Head Jasa Marga Pratomo Bimawan Putra juga mengimbau pengusaha angkutan barang atau logistik agar menunda kegiatan hingga periode empat hari libur panjang Hari Raya Idul Adha 1441 H usai.

“Pada H-1 Hari Raya Idul Adha kemarin, kami memantau banyaknya kendaraan besar yang mengalami gangguan di lajur sehingga mengakibatkan kepadatan yang cukup panjang. Selain itu kami juga imbau agar pengguna jalan dapat memastikan kendaraan dalam keadaan prima sebelum melakukan perjalanan,” ujar Bima.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini