Bill Gates Desak Pemerintah AS untuk Segera Temukan Vaksin Corona

Fadel Prayoga, Jurnalis · Sabtu 01 Agustus 2020 20:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 01 320 2255477 bill-gates-desak-pemeritah-as-untuk-segera-temukan-vaksin-corona-GGOcgrQ4c7.jpg Bill Gates Minta AS Segera Temukan Vaksin Corona. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Pandemi virus corona atau Covid-19 kian bertambah di berbagai negara. Salah satu solusi untuk menghilangkan pandemi dengan menemukan vaksin.

Salah satu pendiri Gates Foundation, Bill Gates meyakini Amerika Serikat (AS) dapat mengakhiri pandemi dengan mengerahkan kekuatan tempur dan uang negara dalam upaya membuat vaksin virus corona secara global. Dorongan AS untuk pendanaan vaksin adalah satu hal besar yang negara lakukan dengan benar dalam tanggapannya terhadap pandemi.

Baca Juga: Orang India Gusur Warren Buffett Jadi Orang Terkaya di Dunia

Lebih dari 160 kandidat vaksin corona sedang dikembangkan di seluruh dunia. Empat percobaan tercepat menguji vaksin pada manusia saat ini berbasis di AS, Moderna dan Pfizer/BioNTech. Dia menilai semangat penelitian kompetitif yang agresif sebagai kemenangan.

Bill Gates

"Syukurlah kami memiliki banyak vaksin. Jika kami hanya memiliki satu, vaksin Moderna, saya harus mengatakan. Wah, kemungkinan hal yang benar-benar mengembalikan keadaan menjadi normal tidak terlalu tinggi. Bahkan jika vaksin pertama yang disetujui hanya sedikit efektif, suatu tempat dalam rangkaian vaksin ini akan menjadi sesuatu yang sangat efektif, dan sangat aman," kata Bill Gates seperti dilansir dari Business Insider, Sabtu (1/8/2020).

Meski begitu, kata dia, vaksin tak akan pernah mengakhiri pandemi jika tidak dibagikan ke seluruh negara. "Penyakit ini akan terus datang kembali," katanya.

Baca juga: Kekayaan Miliarder Mukesh Ambani Melesat, Kalahkan Warren Buffett dan Elon Musk

Kesehatan masyarakat global memainkan peran kunci dalam memberantas pandemi dan mendanai miliaran dolar dalam perawatan HIV secara global setiap tahun. Tetapi, kini segalanya berbeda, dengan AS membeli puluhan juta dosis vaksin dari seluruh dunia, bahkan sebelum itu disetujui untuk digunakan.

"Dunia telah mencari ke AS untuk berkata, oke, karena mendanai semua ini (penelitian dan pengembangan) dan pabrik untuk penggunaan Anda sendiri. Apakah Anda peduli dengan orang lain, atau membuat kekosongan kepemimpinan di sini? Tanpa AS, koalisi untuk menghentikan penyakit ini secara global tidak akan bersatu," katanya.

Dia mendesak Kongres AS untuk mengalokasikan lebih banyak uang dalam pengeluaran untuk mendanai dorongan penciptaan vaksin secara global, dan berinvestasi dalam penelitian serta pengembangan untuk perawatan virus corona.

Diketahui, rencana bantuan Republik yang sedang beredar saat ini menawarkan USD3 miliar untuk vaksin global. Gates mengatakan angka itu harus lebih dari dua kali lipat dari atau sekira USD 8 miliar untuk kesehatan global, dengan setengah uang digunakan untuk vaksin dan setengah untuk perawatan.

"Itu akan kurang dari 1% dari tagihan. Tapi itu akan, dari sudut pandang kemanusiaan, dan sudut pandang strategis, dan membuat epidemi tidak kembali, itu akan mengirim pesan yang jelas bahwa AS tidak memusatkan diri pada hal ini," ujarnya.

Miliaran uang tersebut bisa menjadi sangat penting untuk membangun pabrik vaksin untuk wilayah lain di dunia dalam beberapa bulan mendatang, sebelum suntikan lainnya siap. Oleh sebab itu, dirinya menilai sangat penting untuk mengalokasikan uang sebelum reses kongres, dan musim pemilihan musim gugur.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini