Berseberangan dengan Keputusan Perusahaan, James Murdoch Resign dari News Corp

Fadel Prayoga, Jurnalis · Minggu 02 Agustus 2020 09:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 02 320 2255610 berseberangan-dengan-keputusan-perusahaan-james-murdoch-resign-dari-news-corp-OrEbk7NEgF.jpg James Murdoch (Forbes)

JAKARTA - James Murdoch, putra bungsu Rupert Murdoch, mengundurkan diri dari dewan News Corp pada Jumat 31 Juli 2020. Dia mundur dari sebuah jabatan di salah satu kerajaan media itu lantaran tak sepakat dengan salah satu konten berita dan kebijakan perusahaan lainnya.

“Pengunduran diri saya adalah karena ketidaksepakatan atas konten editorial tertentu yang diterbitkan oleh outlet berita perusahaan dan keputusan strategis tertentu lainnya," tulis James dalam surat pengunduran dirinya yang dilansir Forbes, Minggu (2/8/2020).

 Baca juga: Murdoch Caplok Perusahaan Sang Anak USD672 M

Rupert Murdoch selaku ketua eksekutif News Corp menghormati keputusan anaknya tersebut. Dirinya menghaturkan rasa ucapan terima kasih atas dedikasi James selama berkarir sejak tahun 2013.

"Kami berterima kasih kepada James atas pelayanannya selama bertahun-tahun kepada perusahaan. Kami doakan yang terbaik dalam usahanya di masa depan," ujarnya.

 Baca juga: News Corp Jual BTV USD400 Juta

Pada bulan Januari 2020 lalu, James secara terbuka mengkritik outlet berita keluarga karena pemberitaan tentang hubungan antara perubahan iklim dan kebakaran hutan di Australia.

James juga meninggalkan Fox Fox Corporation, televisi dan hiburan keluarga yang menampung Fox News, setelah keluarganya mentransfer banyak asetnya ke The Walt Disney Company dalam kesepakatan senilai USD 71,3 miliar yang ditandatangani pada tahun 2018. Kemudian, Rupert memilih Lachlan untuk menjadi kepala Fox Corporation.

James lebih memilih untuk memulai perusahaan investasinya bernama Lupa Systems, setelah dilaporkan mendapat USD 2 miliar dari kesepakatan. James tetap penerima manfaat dari kepercayaan keluarganya. Forbes memperkirakan bahwa kekayaan bersih Rupert dan keluarganya adalah USD 16,9 miliar.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini