Mayoritas Penerima BLT Pekerja dengan Gaji Rp2 Juta-Rp3 Juta

Dita Angga R, Jurnalis · Jum'at 07 Agustus 2020 19:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 07 320 2258741 mayoritas-penerima-blt-pekerja-dengan-gaji-rp2-juta-rp3-juta-Xeza0T5eQn.jpg Rupiah (Shutterstock)

JAKARTA - Sekira 13,8 juta pekerja di luar pegawai BUMN dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan mendapatkan bantuan langsung tunai. Pasalnya, BLT tersebut menyasar ke pekerja formal bergaji di bawah Rp5 juta.

Ketua Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional yang juga Wakil Menteri (Wamen) BUMN Budi Gunadi Sadikin mengatakan, dari 13,8 juta tersebut terbanyak untuk bergaji antara Rp2 juta-Rp3 juta.

 Baca juga: Ini Alasan Jokowi Beri Rp600.000 bagi Pekerja Gaji di Bawah Rp5 Juta

“Tenaga kerja formal yang gajinya di bawah Rp5 juta dan sebagian besar itu gajinya antara Rp2 sampai Rp3 juta itu jumlahnya ada 13,8 juta tenaga kerja," ujarnya di Kantor Presiden, Jumat (7/8/2020).

Dirinya mengatakan, pegawai yang menerima BLT tersebut di luar BUMN dan PNS. Hal ini dikarenakan, BUMN dan PNS hingga saat ini belum ada pemotongan gaji.

 Baca juga: Ini Mekanisme Penyaluran BLT untuk Pekerja Gaji Pas-pasan

"Bapak presiden sangat memperhatikan tenaga kerja lain 13,8 juta formal yang dirumahkan atau gajinya dipotong,” kata Budi.

Untuk penyalurannya, Budi mengatakan akan bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan. Hal ini dilakukan untuk menyisir data pegawai formal yang gajinya di bawah Rp5 juta.

“Kita menggunakan data resmi yang ada di BPJS. Data itu lengkap karena setiap bulan mereka membayar iurannya dan kita juga tahu bekerja dimana, namanya siapa, sudah berapa lama bekerja,” ungkapnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini