Pencahayaan di Ruang Kerja Bikin Karyawan Makin Produktif, Ini 5 Cara Mengaturnya

Natasha Oktalia, Jurnalis · Rabu 12 Agustus 2020 11:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 12 470 2260867 pencahayaan-di-ruang-kerja-bikin-karyawan-makin-produktif-ini-5-cara-mengaturnya-ci00bNPlxz.jpg Ruang Perkantoran (Shutterstock)

JAKARTA - Pencahayaan merupakan salah satu hal terpenting pada suatu ruang. Agar suasana pekerjaan menyenangkan, dibutuhkan usaha diri sendiri dan dukungan dari lingkunga sekitar.

Bahkan pencahayaan bisa membantu para karyawan lebih produktif. Maka dari itu, infrastruktur kantor harus memperhitungkan pencahayaan.

 Baca juga: 7 Cara Memoles Rumah Mungil agar Tampak Luas

Seperti yang dijelaskan dalam buku 'Manajemen Kantor' karya Armida, Jakarta, Rabu (12/8/2020), berikut lima jenis sistem penerangan yang dapat digunakan dalam perkantoran:

1. Direct

Penerangan ini dengan mengarahkan cahaya 90-100% secara langsung ke area kerja. Sistem ini juga akan mengakibatkan munculnya cahaya lebih atau silau dan bayangan karena hanya dikit cahaya yang tersebar, Kecuali, adanya cahaya yang berada dekat satu sama lain, area kerja tidak akan mendapat cahaya yang sama.

 Baca juga: Ada PSBB Jarang Hangout, Yuk Tata Meja Makan Biar Serasa di Resto

2. Semidirect

Dengan pencahayaan semidirect 60-90% cahaya akan diarahkan kebawah dan sisanya diarahkan keatas lalu dipantulkan kembali ke bawah. Sistem tersebut akan menghilangkan beberapa bayangan yang merupakan karakteristik sistem cahaya direct.

3. Indirect

Sistem ini direkomendasikan untuk kebanyakan ruang kantor. Pasalnya, cahaya yang disebarkan mampu mengurangi bayangan dan silau yang ditimbulkan dari penerangan yang digunakan. Dengan sistem Indirect ini, 90 hingga 100% cahaya pertama diarahkan ke atas dan kemudian akan menyebar dan memantul ke bawah area kerja.

4. Semi indirect

Sistem Semi indirect akan mengarahkan 60-90% cahaya ke atas yang akan dipantulkan ke bawah dan sisanya diarahkan ke area kerja. Meskipun sistem ini dapat menghasilkan jumlah cahaya yang lebih dengan tingkat watt yang sama dengan Indirect, bayangan dan silau masih menjadi salah satu kendala bagi sistem ini.

5. Generan Diffuse

Sistem pencahayaan ini mengarahkan 40 hingga 60% cahaya ke arah area kerja lalu sisanya akan diarahkan ke bawah. Meskipun, dalam sistem ini menghasilkan lebih banyak cahaya pada tingkat watt yang sama dengan semi indirect. Bayangan dan silau juga akan lebih banyak daripada menggunakan semi indirect.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini