8 Cara Kelola Udara di Rumah Agar Tetap Sejuk Apapun Cuacanya

Natasha Oktalia, Jurnalis · Rabu 12 Agustus 2020 21:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 12 470 2260912 8-cara-kelola-udara-di-rumah-agar-tetap-sejuk-apapun-cuacanya-ZsWXWFdnZ7.jpg Kamar Tidur (TheSpruce)

JAKARTA - Sirkulasi udara yang baik di rumah sangat memengaruhi kesehatan penghuni rumah tersebut. Rumah dengan penghawaan yang baik dan sejuk juga tentunya akan membuat penghuni akan merasa lebih nyaman.

Kenyamanan ruangan yang ada dalam rumah secara langsung akan memengaruhi fisik dan psikologis penghuninya dan tentunya harus membuat kesan uadara dirumah agar tetap sejuk. Karena jika udara tidak mengalir dengan baik, maka hal tersebut akan berpengaruh pula terhadap fisik kesehatan si penghuni rumah.

 Baca juga: Pencahayaan di Ruang Kerja Bikin Karyawan Makin Produktif, Ini 5 Cara Mengaturnya

Oleh sebab itu, penghawaan atau sirkulasi udara dirumah harus diatur dan dirancang sebaik mungkin. Seperti yang dijelaskan dalam buku Menciptakan Rumah Sehat karya Andie A. Wicaksono, Jakarta, Rabu (12/8/2020), berikut beberapa tips agar rumah sejuk:

1. Desainlah rumah dengan menggunakan penahan panas atau kisi-kisi (shading) pada pintu dan jendela yang terletak di bagian Timur dan Barat.

 Baca juga: 4 Cara Simpel Menata Kamar agar Tak Membosankan

2. Gunakan sedikit peralatan elektronik yang dapat menghasilkan panas.

3. Desainlah rumah dengan menggunakan banyak ventilasi diatas jendela dan pintu. Seperti, jendela kecil, bovenlight, exhaust fan, roster, sehingga udara dapat mengalir dengan lancar.

4. Tanam pohon dan tanaman di sekeliling rumah.

5. Pasang kelambu yang mempunuai vitrase (kain tipis sebagai lapisan dalam untuk gorden). Karena dapat menyejukkan udara di dalam rumah.

6. Pasanglah kanopi atau awning di setiap bukaan pada dinding. Kanopi atau awning saat ini dapat ditemukan dalam berbagai macam model dan bahan. Misalnya, paduan antara polikarbon dan besi tempa, stainless stell, kain, kayu dan lain-lain.

7. Pasanglah vertical blind apabila terlalu banyak cahaya matahari yang masuk. Alternatif lain selain vertical blind adalah kaca stiker (baik yang bertekstur, kaca es, kaca tembak, kaca riben atau kaca film). Pasalnya, hal tersebut bisa menambah nilai estetika rumah. Ideal kaca film yakni kadar 60-80%.

8. Untuk daerah tropis, derajat kemiringan atap rumah yang ideal adalah lebih besar dari 35 celcius.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini