Kulik Potensi Besar NTT, Mutiara di Timur Indonesia

Natasha Oktalia, Jurnalis · Sabtu 15 Agustus 2020 18:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 15 320 2262777 kulik-potensi-besar-ntt-mutiara-di-timur-indonesia-pDFJJkp897.jpg Potensi alam (Okezone)

JAKARTA - Dalam menyampaikan pidato Kenegaraan serta nota keuangan kemarin, Presiden Joko Widodo nampak tampil berbeda dengan yang lain. Pasalnya dirinya tampil dengan mengenakan pakaian adat yang berupa sarung dan selendang tenun dengan aksesoris emas dari Sabu NTT.

Indonesia memang terkenal kaya akan budaya. Tak heran jika banyaknya kebudayaan Indonesia yang banyak digunakan dalam sejumlah acara penting. Tidak hanya pakaian adat yang menjadi kebanggaan, ada pula sejumlah sektor wisata dan ekonomi kreatif yang terletak di Timur Indonesia yakni Nusa Tenggara Timur (NTT).

 Baca juga: Butterfly Route Dijadikan Simpul Pariwisata Kawasan Indonesia Timur

Melansir laman Instagram @kemenparekraf.ri, Jakarta, Sabtu (15/8/2020). Berikut beberapa 'mutiara' dari Timur Indonesia:

Dimulai dari pesona keindahan wisata yang diberikan oleh Bukit Pelangi Kelabba Maja. Nama Kelabba sendiri berasal dari Ke'labba atau yang mempunyai arti Tanah Abu, disambung dengan Maja yang berarti Dewa Maja.

 Baca juga: Baru Diresmikan, Begini Penampakan Pos Lintas Batas Indonesia-Papua Nugini!

"Ngarai indah yang disakralkan penduduk setempat ini menjadi destinasi adventure, kebudayaan, sekaligus wisata religi!" tulis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Adapula tempat wisata lainnya yakni Telaga Nirwana. Lokasi wisata ini merupakan salah satu lokasi wisata dengan pesona air biru jernih yang memanjakan padangan. Kilauan indah dari air yang sangat jernih bisa dinikmati pada telaga ini. Aman untuk berenang juga loh, Sob!

 Baca juga: BI Punya 6 Rekomendasi Pengembangan Kawasan Timur

Terlepas dari lokasi wisata, salah satu alat musik khas daerah NTT yakni Sasando. Alat musik yang berasal adri pohon lontar ini dapat menghasilkan suara indah kombinasi dari suara piano, harpa, dan gitar.

Nah, yang terakhir ini merupakan salah satu aksesoris yang sering digunakan oleh sejumlah orang dalam menghadiri acara-acara penting atau acara adat setempat. Yakni, Tenun Ikat NTT. Keunikan dari kain ini adalah adanya motif kain yang menampilkan legeda, mitos dan kekayaan alam lokal serta prosesnya yang masih menggunakan bahan alami.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini